Siantar News / Simalungun / Politik & Pembangunan / Proyek Dana Desa Tahun Anggaran 2017 di Hutabayu Raja Dikerjakan Tahun 2018

Proyek Dana Desa Tahun Anggaran 2017 di Hutabayu Raja Dikerjakan Tahun 2018

SiantarNews|Simalungun,-Terlambatnya mengalokasikan Anggaran Dana Desa (ADD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dituding sebagai penyebab terbengkalainya kegiatan.

Tudingan ini datangnya dari Pangulu Nagori Pokan Baru, Kecamatan Huta Bayu Raja, Bahari Sitinjak, Senin (15/01/2018) sekira pukul 08.01 WIB saat dimintai tanggapannya via telepon seluler oleh awak media .

“Tidak nagori kami saja. Tapi semua nagori di Huta Bayu Raja. Itu akibat Pemkab Simalungun tak tepat waktu mengalokasikan dana,” ucapnya membenarkan bahwa kegiatan dimaksud adalah kegiatan 2017

Dikatakan, dana pekerjaan jalan rabat beton di Huta Cina dan Huta Parsaguan di nagori binaannya itu yakni sebesar Rp 198 juta. Dan dikerjakan TPK dana desa pimpinan Gamot huta bernama Prancis.

“Pagu pekerasan jalan tersebut Rp 198 juta. Dikerjakan oleh TPK pimpinan Gamot di huta itu. Namanya Prancis. Plangnya belum dipasang karena Pemkab Simalungun telat mengirimkan,” ucap Bahari Sitinjak.

Kalau tak silap, sambungnya, baru pada hari Jumat lalu (13/01/2018) plangnya diserahkan Camat Huta Bayu Raja. Mungkin Camat baru hari itu juga menerimanya. “Pemkab Simalungun juga pengadaannya,” ucapnya.

Dari siapanya bapak mendapat informasinya kegiatan dana desa nagori kami. Saya konfirmasi lah dulu pak. Siapa tau ada masyarakat nagori kami menginformasikan yang tidak tidak. “Kasih taulah pak,” bujuknya.

Mirisnya, Camat Huta Bayu Raja, Marsita boru Sinaga terkait apa yang disampaikan Pangulu Nagori Pokan Baru, Bahari Sitinjak mengatakan semua proyek dana desa di Kecamatannya sudah rampung dikerjakan.

“Seluruhnya sudah rampung dikerjakan pada tahun lalu. Manalah ingat ingat pak tanggal direalisasikan anggaran tersebut. Nantilah dulu saya tanya Pangulu. Rapat kami pak di Raya,” imbuhnya saat di konfirmasi melalui seluler.

Sementara fakta dilapangan, hingga berita ini dilansir pekerjaan jalan rabat beton Pokan Baru menuju Huta Parsaguan dan Huta Kode Cina masih dalam tahap pengerjaan.

Salah satu warga nagori Pokan Baru yang berhasil dimintai keterangan, Jefry Gultom mengatakan bahwa kegiatan itu mula dikerjakan tanggal 26 Desember 2017 dan sampai saat ini belum rampung dikerjakan.

“Camat Huta Bayu Raja itu memberi keterangan palsu. dan selaku masyarakat di Kecamatan Huta Bayu Raja ini kami berharap agar Bupati Simalungun menindak. Sebab Camat memberi keterangan palsu,” pintanya.

Banyak lagi persoalan anggaran dana desa yang tak jelas di Kecamatan Huta Bayu Raja ini. Nantilah kita beberkan satu persatu. Sebab, selain saya, warga di Huta Bayu Raja ini banyak yang tak simpatik.

Selain itu, sambung Ketua Karang Taruna Kecamatan Huta Bayu Raja (Jefry Gultom) ini, berlangsungnya proyek dana desa di Kecamatan Huta Bayu Raja tidak memberdayakan masyarakat di masing masing nagori.

Melainkan dipihak ketigakan. Walau masyarakat yang ada di masing masing nagori mampu mengerjakan. Yang akibatkanya realisasi proyek bersumber dari dana desa di Huta Bayu Raja kualitasnya diragukan.(Robs|Red)

Klik Disini Untuk Mendaftar

Baca Juga

Ruas Jalan Menuju Pelabuhan Tigaras Simalungun Putus

SiantarNews|Simalungun,-‎Akses jalan di Huta Mariah Baru atau Parjujian Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun putus total, Senin ...