Siantar News / Simalungun / Politik & Pembangunan / Perdagangan Marak Sampah dan Jalan Rusak, Masyarakat Tanam Batang Pisang
Masyarakat Tanami Pohon Pisang sebagai Bentuk Protes

Perdagangan Marak Sampah dan Jalan Rusak, Masyarakat Tanam Batang Pisang

SiantarNews|Siantar,- Polres Simalungun melakukan pengamanan dalam aksi Unjuk Rasa Damai dari masyarakat Kelurahan Perdagangan di Kantor Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Dinas BLH Kecamatan Bandar dan Kantor Camat Bandar,  Selasa (21/11/2017).

Terkait hal tersebut, Personil Polres Simalungun sebanyak 72 personil melakukan pengamanan dipimpin Kabag Ops Polres Simalungun Kompol B. Simarmata.

Masyarakat Kelurahan Perdagangan yang dikoordinir oleh Rudolf Butarbutar, berjumlah sekitar 150 orang, menuntut penumpukan sampah limbah masyarakat di setiap sudut kota Perdagangan yang terkesan pembiaran oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab. Desakan ini disampaikan dalam aksi unjuk rasa yang disampaikan oleh E. Pardede.

Saat menuju Kantor Camat Bandar, massa melakukan penanaman 2 batang pohon pisang di badan jalan yang berlubang sebagai bentuk kekecewaan masyarakat terhadap akses jalan yang rusak dan telah menimbulkan koban jiwa.

Setelah di kantor Camat Bandar, massa kembali menyampaikan tuntutannya, diantaranya Parahnya polusi akibat debu pasir disepanjang jalan besar Perdagangan yang sangat menggangu kenyamanan masyarakat dan keselamatan pengguna jalan, Penumpukkan sampah di setiap sudut kota Perdagangan yang terkesan pembiaran oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab.

Banyaknya jalan rusak yang sangat menggangu dan mengancam keselamatan pengguna jalan, mendesak, memantau dan memastikan terpenuhinya rasa keperdulian dan terciptanya Perdagangan dan Kecamatan Bandar yang bersih, sehat dan nyaman dengan penertiban terhadap tangkahan/pengusaha pasir, pengendalian sampah, dan perbaikan jalan Perdagangan Kecamatan Bandar dan Mendesak agar dilakukan penutupan terhadap usaha tangkahan pasir yang berada di Perdagangan Kecamatan Bandar.

Menanggapi aspirasi dari masyarakat itu, Sekretaris Camat Bandar Sastro Tamba SH menyampaikan bahwa terkait masalah sampah, pengerjaan dan pengelolaannya berada di Dinas Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Simalungun cq. UPTD BLH Kecamatan Bandar. Dari mulai penganguktan dan retribusinya merupakan hak dan kewajiban yang berada di UPTD BLH Kecamatan Bandar.

Protes Masyarakat

Sementara masalah jalan rusak, pihaknya berjanji akan menyampaikannya kembali kepada pucuk Pimpinan yang ada di Kabupaten Simalungun. Sedangkan masalah tangkahan pasir, Sekcam Bandar berjanji akan melakukan musyawarah bersama pengusaha, masyarakat dan Forkopimca Bandar dalam waktu satu minggu ke depan.

Seluruh rangkaian aksi damai yang dilakukan masyarakat Perdagangan berlangsung aman, hingga pada pukul 12.00 WIB, seluruh massa membubarkan diri dengan tertib.(Rey|BS)

Baca Juga

Transaksi Sabu, Warga Simalungun Ini Diamankan Polisi

SiantarNewslKriminal,-Petugas Polsek Saribu Dolok meringkus satu dari dua pelaku penyalahgunaan narkoba jenis sabu, Rabu (22/11/2017). ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!