News Update
Siantar News / Headline / Kerap Padamkan Listrik, Masyarakat Demo PLN

Kerap Padamkan Listrik, Masyarakat Demo PLN

SiantarNews | Smalungun,- Masyarakat Simalungun gerah dengan ulah PLN yang kerap memadamkan arus listrik. Dampak dari itu, aksi demo-pun digelar masyarakat yang bergabung di AMS (Aliansi Masyarakat Simalungun).

Aksi dilakukan di kantor Perusahaan Listrik Negara (PLN) Tragi Toba Gardu Induk Pematangsiantar di Jalan Simalungun Permai, Nagori Dolok Marlawan, Kecamatan Siantar, Simalungun, Kamis (24/11/2016) sekira jam 10.00 WIB. Jumlah massa sekitar 50-an orang.

Dalam aksi itu, Jaintan Pandiangan, Koordinator Aksi menuturkan bahwa saat ini pelayanan PLN belum maksimal. “Hal ini dibuktikan dengan masih adanya keluhan-keluhan di masyarakat terutama masyarakat Simalungun. Keluhan itu adalah seringnya listrik padam,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Jaintan menegaskan bahwa pihaknya menuntut PLN supaya memaksimalkan pelayanan dalam pendistribusian listrik bagi masyarakat Simalungun.

Lalu, lanjutnya, pihaknya juga mendesak PLN supaya membuat inovasi baru dalam hal efektivitas penggunaan energi listrik. “Kami juga menuntut Pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten Simalungun supaya pro-aktif dan turut serta dalam mencapai solusi memenuhi tuntutan masyarakat dalam hal pemenuhan kebutuhan listrik,” jelasnya.

Sekitar 30 menit berunjuk rasa, Himel Sihombing, Manajer Unit Pelayanan Transmisi PT PLN Pematangsiantar didampingi jajarannya pun menjawab aspirasi para pengunjuk rasa.

“Aspirasi yang mau disampaikan silahkan disampaikan, akan kami tampung. Yang bisa kami jawab akan kami jawab, yang tidak bisa kami jawab akan kami akomodir di lain waktu,” ujarnya menyambut para pengunjuk rasa.

Dalam kesempatan itu, Himel pun menyampaikan permintaan maafnya atas seringnya listrik padam. “Atas ketidaknyamanan, kami mohon maaf. Tidak ada pengistimewaan atas padamnya listrik, misalnya di rumah pegawai PLN atau pimpinan PLN tidak padam. Dan pemadaman itu juga tidak kita inginkan,” lanjutnya.

Himel juga memaparkan mengapa listrik sering padam. “Kenapa padam? Pembangunan semakin bertumbuh, ekonomi bertumbuh sehingga butuh listrik yang tidak sedikit. Antisipasi PLN sudah dilakukan. Sudah dibangun pembangkit, sumber energi. Supaya sumber energi itu sampai kerumah, perlu saluran, perlu jalan, perlu sarana transportasi. Kalau itu terpenuhi tidak akan ada kendala,” jelasnya.

“Yang terjadi saluran tidak bisa bertambah, ada kendala. PLN tetap kerja, kami ganti pembangkit dengan kapasitas yang dua kali lipat.

Kami buat jaringan baru, jalan tol listrik atau SUTET. Itu yang mengalami permasalahan, belum tuntas dikerjaka. Kita punya pembangkit yang cukup untuk kita. Tapi belum semua menyadari pentingnya SUTET, masih ada masyarakat yang bersikeras menolak. Alasannya macam-macam, saya tidak tahu persis. Manakala penolakan masih ada jalan tol listrik itu tidak jadi,” imbuhnya.

Disinggung mengenai adanya gejolak atas pembangunan tower SUTET berkekuatan 275 Kilo Volt di kawasan Simalungun Permai, Himel mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada warga sekitar.

“Jika tidak ada halangan, seharunya dua bulan sudah selesai. Sudah sejak lama upaya sosialisasi kita lakukan, sudah dua kali, terutama kepada masyarakat yang bergejolak,” terangnya.
Terkait prosedur pembangunan, kata Himel, semua jugaa sudah sesuai dengan prosedur.

“Pembangunan semua sudah sesuai aturan, kompensasi untuk wargaa yang dilintasi sudah dilakukan sesuai dengan Perundang-Undangan. Standar keamaann versi WHO juga baik. Sudah kompilit semua, termasuk izin pinjam pakainya. Kalau itu tidak ada bagaimana bisa dibangun. SUTET ini jalur untuk Sumatera Utara,” paparnya.

Jika SUTET itu sudah beroperasi, Himel mengatakan bahwa supply listrik bisa tercukupi sehingga pemadaman listrik dapat teratasi.

“Kalau SUTET itu beroperasi, supply bisa tercukupi, keandalan dan ketersediaan bisa terpenuhi,” ucapnya, lalu berharap masyarakat juga mendukung. (Rel)

Editor : MGP

Baca Juga

Pengedar Sabu Kembali dibekuk Polres Simalungun

SiantarNews|Simalungun,- Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Simalungun, kembali melakukan perburuan terhadap pelaku Tindak Pidana Penyalahgunaan dan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!