News Update
Siantar News / Headline / Bah, Dua “Ranperda Siluman” Disusupi ke DPRD Simalungun
Bupati Simalungun JR Saragih saat mengesahkan 7 buah ranperda disaksikan tiga pimpinan DPRD.

Bah, Dua “Ranperda Siluman” Disusupi ke DPRD Simalungun

SiantarNews|Simalungun-Rapat Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Simalungun dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Simalungun beberapa waktu yang lalu menyepakati lima agenda pembahasan yaitu;

  1. Perubahan   APBD  tahun anggaran 2016
  2. Perubahan kedua peraturan daerah nomor 7 tahun 2011 tentang pajak daerah.
  1. Perubahan pertama peraturan daerah nomor 8 tahun 2011 tentang retribusi perijinan tertentu.
  1. Perubahan pertama peraturan daerah nomor 9 tahun 2011 tentang retribusi jasa umum.
  1. Perubahan pertama peraturan daerah nomor 10 tahun 2011 tentang retribusi jasa usaha.
  1. Hibah barang milik daerah Kabupaten Simalungun berupa tanah dan bangunan kepada Kodim 0207 Simalungun dan Polres Simalungun.

Lantaran sepakat, Ketua DPRD Simalungun Johalim Purba pun menandatangani jadwal pembahasan. Dalam jadwal tersebut terdapat hanya lima buah Ranperda dan Hibah barang milik daerah Kabupaten Simalungun berupa tanah dan bangunan kepada Kodim 0207 Simalungun dan Polres Simalungun.

Namun pada rapat paripurna Senin (21/11/2016), DPRD menyetujui 7 (tujuh) Ranperda. Dua Ranperda tentang penyertaan modal pemerintah daerah pada BUMD dan Ranperda tentang penyertaan modal daerah secara non kas ke PDAM Tirtalihou, ikut disahkan. Loh kok bisa ?

Menyikapi kedua Ranperda yang tidak masuk dalam agenda pembahasan saat rapat Banmus tersebut, anggota DPRD Simalungun Bernhard Damanik saat dikofirmasi via sambungan telepon selulernya Selasa (22/11/2016) tidak menampik kedua Ranperda itu tidak ada dalam agenda jadwal pembahasan yang ditandatangani oleh Ketua DPRD Johalim Purba.

Hanya saja, Bernhard bilang, karena kedua Ranperda itu sifatnya mendesak dan adanya surat dari Kementerian Keuangan tentang batas akhir penghapusan utang PDAM Tirtalihou, maka DPRD perlu menyikapinya. “Di P-APBD 2016 ada pembiayaan daerah (penyertaan modal) ke BUMD. Itu bisa dilakukan kalau sudah ada Perda tentang penyertaan modal ke BUMD. Lagian untuk yang ke PDAM kan non kas. Itu mendesak dilakukan untuk restrukturisasi utang, karena sudah dideadline oleh Kementerian Keuangan pada akhir Desember tahun ini,” katanya.

Senada diungkapkan anggota DPRD Simalungun Suriadi. Ia mengatakan, utang PDAM Tirtalihou mendesak diselesaikan. “Prinsipnya, kalau kita (daerah) punya utang lalu kemudian ada peluang diputihkan dan waktu yang diberikan sedikit, ya kita cepat-cepatlah ngurusnya,” ucapnya.

Ditanya apakah Banmus kembali menggelar rapat untuk memasukkan kedua Ranperda itu menjadi bagian dari yang harus disetujui, politisi PDI Perjuangan ini tidak mengetahuinya secara pasti. “Wah kalau soal itu saya kurang tahu. Tanya aja langsung pada pimpinan dewan,” pungkasnya mengakhiri.

Sementara itu sejumlah anggota DPRD Simalungun saat dimintai pendapatnya tentang kedua ranperda dimaksud, mengaku bingung. “Kita juga nggak ngerti, kenapa itu tiba-tiba masuk jadi pembahasan. Padahal pada rapat Banmus tak ada kedua ranperda itu dibahas hingga ada jadwal pembahasan,” ujar beberapa anggota DPRD yang meminta identitasnya dirahasiakan, saat dihubungi lewat sambungan telepon seluler pada Senin (21/11/2016) malam

Seorang anggota DPRD juga menyebutkan, bahwa DPRD yang berjumlah 50 orang tidak lagi berdaya alias ‘mandul’. “Ibaratnya, kerbau dicucuk hidungnya. Orang abang kan bisa lihat dari proses, pembahasan dan pelaksanaannya. ,” pungkasnya.

Ia bilang, pengajuan Ranperda yang diusulkan itu tidak sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. “Mana ada Naskah Akademiknya, objek tanah dan bangunan yang dihibahkan ke Kodim 0207 dan Polres Simalungun pun  kita tidak tahu. Lalu, DPRD disodori untuk dimintai persetujuan. Tanah dan bangunan sudah dipake duluan, lalu dimintai persetujuan. Ngerilah, dewan jadinya tukang stempel,” tutupnya.

Penulis : Manson Purba

Editor : REM

 

Baca Juga

Pengedar Sabu Kembali dibekuk Polres Simalungun

SiantarNews|Simalungun,- Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Simalungun, kembali melakukan perburuan terhadap pelaku Tindak Pidana Penyalahgunaan dan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!