News Update
Siantar News / Simalungun / Politik & Pembangunan / Anggota DPRD SU Ini Tuding PTPN IV Tak Perduli Pada Masyarakat Sekitar
Rony Situmorang Anggota DPRD Sumatera utara

Anggota DPRD SU Ini Tuding PTPN IV Tak Perduli Pada Masyarakat Sekitar

SiantarNews|Simalungun,- Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN ) IV dinilai tidak peduli terhadap kepentingan masyarakat sekitarnya, terlihat dari rusaknya jalan di PTPN IV. Hal tersebut diungkapkan oleh anggota DPRD Sumut Rony Situmorang saat menggelar reses beberapa waktu lalu di desa Mancuk, Kecamatan Huta bayu raja, Kabupaten Simalungun.

“Ada kesan PTPN IV seperti tidak mau memperbaiki jalan, jika memang seperti itu lebih baik PTPN IV hengkang dari Simalungun,”ujar Rony.

Dalam hal ini, Rony juga menuding PTPN IV anggaran yang telah ditampung di Anggaran pembiayaan belanja perusahaan (APBP) untuk perbaikan jalan, namun fakta dilapangan hal ini tidak dikerjakan dan akhirnya masuk ke kantung pribadi.

“Dengan adanya pemborosan di PTPN IV karena pembiayaan besar sehingga perusahaan mengalami kerugian atau tidak untung, maka bagi saya ini berpotensi merugikan keuangan Negara” tuturnya.

Rony juga mendesak pihak PTPN IV yang ada di Simalungun khususnya perkebunan Dolok Sinumbah agar memperbaiki jalan dimana banyak warga menjadi korban akibat jalan yang rusak dan berlubang.

 “Kita harapkan perhatian perkebunan akan hal ini, agar tidak terjadi korban selanjutnya” sebutnya lagi.

Selain itu, dalam reses di desa Mancuk tersebut sejumlah warga juga mengeluhkan pihak PTPN IV yang tidak memiliki tenggang rasa karena tidak bersedia memberikan sedikit tanah perkebunan untuk dijadikan tanah wakaf.

“Masyarakat membutuhkan tanah wakaf seluas 5000 Meter didusun I PTPN IV Afdeling V,  permohonan masyarakat sebelumnya telah disetujui oleh Bapak Sinaga selaku Asisten yang lama, namun sayangnya begitu Asisten berganti, tanah wakaf yang dijanjikan langsung dipagar,” sebut Rony menirukan keluhan warga.

Melalui pers release yang disampaikannya dan diterima media ini Rabu (11/10),  Rony menyebut bahwa selain desa mancuk, ada 2 daerah lain yang dikunjunginya yakni Desa Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, dan Desa Marihat Dolok, Kecamatan Dolok panribuan, Kabupaten Simalungun.

Dalam reses yang berlangsung mulai dari tanggal 3-8 Oktober ini, selain mendengarkan aspirasi warga,  Anggota Komisi A DPRD Sumatera utara ini di tiga lokasi tersebut menyerahkan bantuan lampu tenaga surya yang langsung diterima oleh pangulu desa setempat.

Saat di Desa Sibaganding, didepan ratusan warga yang juga turut dihadiri pangulu setempat dan Anggota DPRD Simalungun Mansur Purba, sejumlah Warga menyampaikan permasalahan seperti pengembangan wisata yang baru yakni batu sorga, masalah SK Menhut SK 579 yang butuh penyelesaian, pembangunan dermaga di Patra Jasa yang sampai saat ini proses ganti ruginya belum terealisasi, serta persoalan lainnya.

Sementara di Marihat Dolok, kepada Rony Situmorang, Warga menyampaikan sejumlah aspirasi seperti perbaikan jaringan irigasi primer ataupun sekunder, perbaikan jalan, pembangunan jembatan, bantuan bibit jagung dan padi yang berkwalitas, serta jaringan air minum sepanjang 1800 meter.

Di desa Mancuk, Kepada Anggota Fraksi Demokrat DPRD Sumatera utara ini yang didampingin Istony Sijabat anggota DPRD simalungun dan pangulu setempat. Warga menyampaikan sejumlah aspirasi seperti harga pupuk, Gas LPG 3 kg, dan bibit jagung dan padi yang mahal, perbaikan jalan dan gorong-gorong, serta peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dalam semua aspirasi yang disampaikan kepadanya, Rony Situmorang menyampaikan akan segera menanggapi semua aspirasi warga.

” Yang mana menjadi tugas pemerintah Provinsi Sumatera utara dan Pemerintah kabupaten Simalungun akan kita urai, sehingga dengan segera akan disampaikan,” tutupnya. (Rey|Tim)

Baca Juga

Diamankan Warga Mencuri, Sinaga dan Siahaan Juga Kedapatan Simpan Narkoba

Siantarnews|Simalungun,-Zulkarnain Sinaga (30), warga Dusun Bahliran, Nagori Bahliran, Kecamatan Panei Tongah, Kabupaten Simalungun dan Herman ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!