News Update
Siantar News / Headline / Westo Keberatan, Penetapan Calon Walikota Siantar Terpilih Ditunda

Westo Keberatan, Penetapan Calon Walikota Siantar Terpilih Ditunda

SiantarNews | Siantar,- Rencananya, besok atau lusa, KPU Kota Siantar akan menggelar rapat pleno terbuka, untuk menetapkan pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Siantar terpilih. Tapi rencana itu, tidak akan dilakukan.

Karena paslon lain mengajukan keberatan, dengan mengajukan gugatan (sengketa) ke Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta. Atau lebih dikenal dengan istilah sengketa perselisian hasil pemilihan (PHP), yang akan diproses di MK.

Paslon yang keberatan itu adalah Wesly Silalahi dan Sailanto. Pasangan itu mengajukan gugatan ke MK, karena protes atau berkeberatan terhadap hasil perolehan suara salah satu paslon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Siantar yang digelar tanggal 16 Nopember 2016 yang lalu.

Dampak dari sengketa PHP itu, Komisioner KPU Kota Siantar, Batara Manurung menegaskan, lembaganya memastikan, besok maupun lusa, tidak akan ada  penetapan calon Walikota dan Wakil Walikota terpilih. Meski sudah dijadwalkan tahapannya sebelumnya. “Itu karena ada yang mengajukan sengketa di MK,” ucapnya.

Sebutnya, penetapan calon Walikota dan Wakil Walikota Siantar terpilih, akan dilakukan, setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan putusan terkait sengketa itu. “Itu-pun masih tergantung, seperti apa putusan yang akan ditetapkan MK,” ujarnya.

Katanya, KPU Kota Siantar siap dalam menghadapi sengketa PHP yang diajukan paslon Wesly Silalahi (Westo). Dengan mempersiapkan seluruh berkas yang dibutuhkan untuk menghadapi gugatan itu.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, melalui rapat pleno KPU Kota Siantar tertanggal 23 Nopember 2016 yang lalu, tentang rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Siantar, diputuskan, paslon nomor urut 2, Hulman Sitorus – Hefriansyah memperoleh suara terbesar, sebanyak 59.401 suara. Disusul paslon Wesly Silalahi – Sailanto sebesar 25.609 suara, Teddy Robinson Siahaan – Zainal Purba 18.836 suara dan Sujito – Djumadi 4.046 suara.

Editor : MGP

Baca Juga

DKI Kota Toleransi Terendah, Manado Kota Paling Toleran Menyusul Pematangsiantar

SiantarNews|Jakarta,– SETARA Institute menggelar konfrensi pers terkait peringkat kota toleran se-Indonesia (IKT). Hasil Manado sebagai ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!