Siantar News / Siantar / Politik & Pembangunan / Kanwil DJP Sumatera Utara II dan KPP Pratama Balige Canangkan Zona Integritas Menuju WBK/BBM

Kanwil DJP Sumatera Utara II dan KPP Pratama Balige Canangkan Zona Integritas Menuju WBK/BBM

SiantarNews|Siantar,-Dalam rangka memperingati hari anti korupsi dan mendukung reformasi birokrasi, kanwil DJP Sumatera Utara II dan KPP Pratama Balige melakukan pencanangan zona integritas menuju WBK/BBM dan menandatangani dokumen pakta integritas dan piagam pencanangan pembangunan zona integritas.

Acara yang dihadiri Walikota Hefriansyah, SE, MM di kanwil DJP Sumut II jalan MH Sitorus, kamis (14/12) ini memberikan keterangan kepada awak media mengharapkan output dari kegiatan ini benar-benar mampu wewujudkan cita-cita reformasi birokrasi di kota Pematangsiantar.

“saya hanya berharap kegiatan seperti ini harus terus dievaluasi agar benar-benar memberikan dampak positif yang berguna buat birokrasi di kota Pematangsiantar,” ungkapnya.

Walikota juga mengatakan “saya bukan hanya stekolder saja, tapi saya salah satu wajib pajak, alhamdullilah pelayanan sudah semangkin baik, untuk itu saya menghimbau kepada awak media kepada para wajib pajak agar jangan ragu-ragu lagi untuk kekantor pajak, untuk melaksanakan kewajibannya”.

Mengakhiri keterangan kepada awak media, Walikota mengharapkan, “mudah-mudahan dengan semboyan Menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) masyarakat tidak sungkan dan ragu-ragu lagi membayar pajak”, pungkasnya.

Melalui siaran pers Dirjen Pajak Kementrian Keuangan kantor wilayah II Sumatera Utara dijelaskan, proses pembangunan zona integritas (ZI) mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 52 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan instansi Pemerintah dan Keputusan Menteri Keuangan nomor 426/KMK.01/2017 tentang Pedoman Pembangunan dan Penilaian Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi(WBK) di lingkungan Kementrian Keuangan.

Tujuan dari Pelaksanaan program Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM adalah agar unit unit kerja di lingkungan Kementrian Keuangan memperoleh predikat Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani(WBK/WBBM). Zona Integritas (ZI) merupakan sebutan atas predikat yang diberikan kepada Kementrian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang Pimpinan dan Jajarannya mempunyai niat (Komitmen) untuk mewujudkan WBKdan WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Predikat menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) adalah predikat yang di berikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan dan penguatan akuntabilitas kerja.

Predikat Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani(WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja/satuan kerja yang sebelumnya telah mendapat predikat WBK dan memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penguatan akuntabilitas kerja dan kualitas pelayanan publik. Grand Design Reformasi Birokrasi adalah tercapainya tiga sasaran pelaksanaan program reformasi birokrasi yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik.

Acara Pencanangan dan Hari Anti Korupsi juga diisi oleh sosialisasi dari komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memberikan materi tentang pencegahan korupsi. Turut hadir dalam kegiatan ini para mitra kerja yang terdiri dari wajib pajak, unit vertikal Kementrian Keuangan, Pejabat Pemko Pematangsiantar dan Pemerintah Kabupaten Simalungun.(Red)

Baca Juga

Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Beri Pembekalan Orientasi Kepada CPNS

SiantarNews|Siantar,-Sebanyak 91 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017 dibawah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi ...