News Update
Siantar News / Siantar / Politik & Pembangunan / Peringatan Harkitnas di Kota Siantar di Lapangan Adam Malik
Plt Sekdakot Reinward Simanjuntak saat akan membacakan pidato Menteri Rudiantara

Peringatan Harkitnas di Kota Siantar di Lapangan Adam Malik

SiantarNews|Siantar-Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, mengatakan, semangat kebangkitan Nasional, tidak pernah memudar, namun semakin menunjukan urgensinya. Justru karena itulah maka kita tak boleh meninggalkan orientasi untuk terus mewujudkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan sosial. Penegasan itu disampaikan Rudiantara dalam pidatonya yang disampaikan Plt Sekdakot Reinward Simanjuntak saat peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas ) ke 109 di Lapangan Haji Adam Malik, Senin (22/5/2017).

Satu abad lebih, sejak Harkitnas digagas oleh Boedi Oetomo telah memunculkan dimensi baru dalam lanskap sosial budaya, seluruh umat manusia. Perubahan besar itu bisa disebut digitalisasi. Dengan inovasi digital, mungkin kita dihadapkan pada kejutan-kejutan dan tata cara baru dalam berhimpun dan berkreasi, sebagian menguatkan, namun tak kalah juga yang mengancam ikatan-ikatan kita dalam berbangsa dan bernegara. Satu hal yang pasti, kita harus tetap berpihak untuk mendahulukan kepentingan bangsa, di tengah gempuran lawan-lawan yang bisa jadi makin tak kasat mata.

Selain itu kata Reinward,  Presiden Joko Widodo, pada awal tahun ini, telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan. Pada awal tahun 2017 ini, meski angkanya membaik, di banding tahun sebelumnya, koefisien Nisbah Gini atau Gini Ratio, yang merupakan ukuran kesenjangan distribusi pendapatan dan kekayaan penduduk, masih sekitar 40 persen. Untuk itu Presiden meminta aparat penyelenggara negara, bekerja keras menurunkan indeks kesenjangan tersebut.

Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-109 itu tampak dihadiri Forkorpimda seperti Kapolresta AKBP Dodi Darjanto, SIK, MTTA, Ketua DPRD Eliakim Simanjuntak, SE, Ketua Pengadilan Negeri, Dandim 0207/Simalungun, Dan Rindam I/BB, dan para kepala SKPD, serta seluruh peserta upacara antara lain ASN, TNI, POLRI, OKP, serta pelajar SMP, SMA dan perwakilan masyarakat dari Kecamatan se Kota Siantar.

Usai upacara, peserta upacara dan rombongan melanjutkan melaksanakan penaburan bungan di Taman Makam Pahlawan.

Hingga berita ini dituliskan, Plh Walikota Siantar Hefriansyah yang juga Wakil Walikota belum berhasil dimintai keterangan terkait ketidakhadiriannya dalam upacara tersebut. (RS|GID|DAR)

Baca Juga

Pematangsiantar Fasilitasi 1.000 Lowongan Kerja

SiantarNewslSiantar,-Pemerintah Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara memfasilitasi 1.000 lowongan kerja melalui pameran bursa kerja atau job ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!