News Update
Siantar News / Headline / Penyusunan RPJMD Kota Siantar Diragukan
Plt Sekdakot Reinward Simanjuntak menandatangani dokumen penyusunan RPJMD yang disaksikan Hendra Pardede dan undangan lainnya

Penyusunan RPJMD Kota Siantar Diragukan

SiantarNews|Siantar-Badan Perencana, Penelitian dan Pembangunan Daerah (BP3D) Kota Siantar tengah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Siantar. Dalam rapat Konsultasi Publik yang digelar di ruang Serba Guna BP3D, Selasa (30/5/2017) seorang peserta meragukan proses penyusunan rancangan awal RPJMD itu.

Peserta rapat dari Aparatur Sipil Negara (ASN) ini menuding tahapan awal atau pun proses penyusunan RPJMD itu sebagian besar tidak dilalui. Setidaknya kata dia ada 14 tahap persiapan yang diawali dari  orientasi perencanaan daerah hingga perumusan metoda dan panduang jaring aspirasi FGD dan Musrenbang RPJMD. “Tiba-tiba langsung rapat Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) RPJMD,” bebernya.

Staf BP3D ini menjelaskan, RPJMD menjawab empat pertanyaan mendasar. Pertama, Kemana Kota Siantar akan dibawa, Kedua, Apa yang akan dicapai dalam lima tahun mendatang, Ketiga, Bagaimana mencapaianya, Keempat, Langkah-langkah strategis apa yang akan dilakukan agar tujuan tersebut tercapai.

Sementara itu dalam kesempatan itu
Pelaksana Harian (Plh) Walikota Siantar Hefriansyah diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Reinward Simanjuntak, mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat,

“Dalam forum ini mari kita yang hadir, khususnya ASN untuk dapat berperan memberikan pelayan yang prima kepada masyarakat” katanya.

Reinward juga meminta forum Konsultasi Publik ini, peran serta masyarakat hendaknya turut dilibatkan dalam penyusunan RPJMD, “Saran dan masukan dari warga masyarakat dapat menjadi arah pembangunan kota kita ” tegasnya lagi.

Lebih lanjut kata Reinward, Kota Siantar masuk program Pembangunan Nasional seperti Kawasan Strategis Nasional  (KSN) Danau Toba, Sei Mangkei, Jalan Tol Medan Tebing Tinggi untuk itu dia meminta ASN berbenah. Ia juga meminta program program yang direncanakan hendaknya dapat selaras dengan pembangunan yang akan dilaksanakan.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Siantar yang diwakili oleh Hendra PH Pardede mengatakan salah satu tahapan Rencana Awal (Ranwal) RPJMD  hendaknya dikonsultasikan untuk memperoleh penyempurnaan. “Konsultasi Ranwal  ini mengindikasikan adanya kesepakatan bersama dengan urusan penyelenggaraan pemerintahan ” katanya.

Forum Konsultasi Publik merupakan momentum keselarasan yang strategis yang memuat janji penting perihal memberi masukan awal antara DPRD dengan Pemko Siantar.
“Sebagai mitra sejajar kita siap bekerjasama dengan Pemko Siantar dalam mensukseskan Visi dan Misi Kota Siantar yang lebih Mantap Maju dan Jaya” katanya lagi.

Sebelumnya Kepala BP3D Midian Sianturi melaporkan tujuan dari kegiatan Konsultasi Publik adalah menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi terhadap prioritas dan sasaran pembangunan selama 5 (lima) tahun ke depan.”Forum ini kita laksanakan untuk menyerap aspirasi dari berbagai kalangan dengan mengundang instansi vertikal, BUMN/BUMD, Perbankan, Akademisi,/ Asosiasi/ Dunia Usaha, Masyarakat serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  ” katanya. (Rls|REM)

 

Baca Juga

Meski Diguyur Hujan, Pelantikan DPC dan DPAC Partai Demokrat Siantar Simalungun Tetap Semangat

SiantarNews|Siantar,-Partai Demokrat laksanakan pelantikan terhadap pengurus DPC dan DPAC di Siantar tepatnya di lapangan Adam ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!