News Update
Siantar News / Siantar / Pendidikan / Mahasiswa FKIP Nomensen Siantar Gelar Pendidikan Gratis di Sipolha, Rencana Bangun Rumah Baca
Mahasiswa FKIP Nommensen Pematangsiantar

Mahasiswa FKIP Nomensen Siantar Gelar Pendidikan Gratis di Sipolha, Rencana Bangun Rumah Baca

SiantarNews|Siantar,- Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UHN Pematangsiantar, kembali menyelengarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya pengabdian masyarakat melalui pendidikan gratis dan bhakti sosial di Kelurahan Sipolha Kecamatan Pamatang Sidamanik.

Kegiatan pengabdian ini diselenggarakan selama 29 hari yang dimulai pada tanggal 06 Agustus sampai 03 September 2017 dengan jumlah relawan sebanyak 18 orang.

Adapun pemilihan Desa Sipolha, karena mempertimbangkan kondisi dan situasi sekolah-sekolah dengan kualitas pendidikan yang masih tertinggal.

Dalam hal ini, kedatangan puluhan Mahasiswa Nomensen tersebut disambut baik oleh Masyarakat Sipolha. Mahasiswa juga tidak melewatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan masyarakat, mulai dari kunjungan kerumah penatua gereja dan ke rumah masyarakat serta mengikuti kegiatan doa lingkungan setiap minggu sembari menyampaikan maksud dan tujuan mereka datang ke desa tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Adam Manurung selaku Ketua Panitia, saat berbincang-bincang dengan Siantar 24 Jam, Minggu (3/9) Jam 11.00 Wib.

Disampaikannya, sejumlah kegiatan dilaksanakan Mahasiswa selama 29 hari tersebut. Yakni, mengajar gratis di SD Negeri 095153 dan SMP Negeri 1 Pamatang Sidamanik.

“Para Relawan juga mengadakan les tambahan khusus mata pelajaran Matematika untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar Matematika. Selain itu para relawan mengisi waktu dengan mengadakan bhakti sosial seperti bergotong-royong membersihkan jalan dan membersihkan pekarangan gereja-gereja yang ada di Sipolha bersama dengan pemuda setempat,” sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut, urainya, Mahasiswa juga menambah pengetahuannya dalam hal bercocok tanam dengan ikut ke ladang beberapa warga desa Sipolha. Para Relawan belajar bagaimana cara menanam kacang serta membuat pembibitan tomat dan cabai.

Dalam Pendidikan Gratis dan Bhakti Sosial di Sipolha, selang beberapa hari. Ucap Adam, Mahasiswa menerima dukungan langsung dari Anggota DPRD Provinsi Sumatera utara Richard Sidabutar.

” Beliau mendukung penuh program pengabdian ini, dengan memberikan materi kepada para Relawan. Beliau juga menegaskan agar pengabdian ini merupakan suatu panggilan hati, dan dapat menerapkan 3 Prinsip Pengabdian yakni Nommensen bersama siswa, Nommensen bersama masyarakat dan Nommensen berbhakti” sebut Adam seolah menceritakan .

Melihat kondisi Sipolha yang masih ketinggalan, puluhan mahasiswa tersebut, sebut Adam, akan mendirikan rumah baca untuk masyarakat Sipolha.

” Ini ditujukan untuk siswa dan terbuka untuk umum. Misalnya, orangtua yang bekerja sebagai petani dapat juga memanfaatkan rumah baca tersebut untuk menambah pengetahuannya dalam bertani, karena nantinya mahasiswa relawan akan berupaya menyediakan buku-buku yang dibutuhkan oleh semua masyarakat yang ada di Sipolha,” terangnya.

Ditambahkan Meri C. silalahi salah satu Mahasiswa yang ikut melakukan Pendidikan Gratis dan Bhakti Sosial di Sipolha, dirinya berharap kepada Pemerintah Simalungun memperhatikan kualitas pendidikan di desa Sipolha ini dan mendukung Program rumah baca tersebut.

Mendengar akan didirikannya rumah baca di desa Sipolha, Frando Damanik selaku Kepala Dusun mengaku senang dengan kegigihan mahasiswa tersebut.

“ Saya sangat senang dengan kedatangan mahasiswa Nommensen disini, ditambah lagi dengan adanya program berkelanjutan seperti rumah baca, saya sangat mendukung penuh dengan program tersebut. Jujur, saya sangat mengapresiasi semangat dan kegigihan mahasiswa relawan dalam meningkatkan dan memajukan desa sipolha ini”, ucap Frando Damanik.

Acara Pendidikan Gratis dan Bhakti Sosial di Sipolha ditutup dengan ramah tamah serta penyampaikan kesan dan pesan selama 29 hari di Sipolha. (Rey)

Baca Juga

Upacara Peringatan Ulang Tahun TNI Digelar dilapangan Rindam l/Bukit Barisan

SiantarNews|Siantar,- Puncak peringatan Hari HUT TNI Yang Ke 72 Tahun 2017, seluruh Pejabat dan Anggota TNI ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!