News Update
Siantar News / Siantar / Kelurahan Tanjung Tongah Daerah Percontohan Pemanfaatan Lahan Pekarangan

Kelurahan Tanjung Tongah Daerah Percontohan Pemanfaatan Lahan Pekarangan

SiantarNews|Siantar-Sebagai Kelurahan Percontohan tentang Pemanfaatan Lahan Pekarangan mewakili Kota Pematangsiantar ke Tingkat Provinsi Sumatera Utara, Kelurahan Tanjung Tongah mendapat kunjungan Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK)Provinsi Sumatera Utara, Ny. Evi Diana Erry Nuradi, Senin (21/11/2016) pagi.

Dalam kunjungan kerja ini, istri Gubernur Sumatera Utara, Ir.Tengku Erry Nuradi bersama TP-PKK Provinsi melakukan evaluasi tentang pemanfaatan lahan pekarangan di halaman Kantor Kelurahan Tanjung Tongah Kecamatan Siantar Martoba.

Penjabat Walikota, Anthony Siahaan, SE, ATD, MT dalam sambutannya mengatakan, hakekat pembangunan di kota Pematangsiantar adalah untuk meningkatkan kesejahteraaan masyarakat. Dimana salah satu program yang baik bagi masyarakat adalah dengan cara memanfaatkan lahan pekarangan dengan budidaya pertanian. “Dengan memanfaatkan lahan pekarangan maka kebutuhan pangan dan gizi keluarga dapat terpenuhi,“ katanya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pekarangan dapat dimanfaatkan dengan menanam aneka buah, tanaman pangan, sayuran dan tanaman obat keluarga, ternak dan ikan serta pengolahan hasil limbah rumah tangga menjadi kompos.

Pj Walikota menyambut baik terpilihnya Kelurahan Tanjung Tongah sebagai percontohan pelaksanaan lahan pekarangan tingkat Sumatera Utara. “Untuk itu, diminta kepada Satuan Kerja Perangakat Daerah(SKPD), Tokoh Masyarakat, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan, unsur generasi muda, Karang Taruna agar turut berpartisipasi aktif dalam mendukung program ini, “ tegasnya.

Sebelumnya, Ketua TP-PKK Kelurahan Tanjung Tongah Ny. Fitri Henri Gunawan Purba, melaporkan bahwa luas wilayah Kelurahan Tanjung Tongah 2.154 Km2 dan jumlah penduduk mencapai 3.067 jiwa. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan kepada masyarakat adalah dengan melakukan pertemuan dengan masyarakat dikantor kelurahan berupa sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan.

Sosialisasi ini dilakukan dengan menghadirkan penyuluh pertanian, melakukan pelatihan – pelatihan ke tengah masyarakat dengan cara  membudidayakan lahan pekarangan.“Kita juga melakukan kerjasama dengan lembaga masyarakat baik LPM, lembaga kemasyarakatan untuk mensosialisasikan pemanfaatan lahan pekarangan ini kepada masyarakat,“ ujarnya.

Sementara itu Ny. Evi Diana Erry Nuradi mengajak semua pihak untuk saling mendukung dalam merealisasikan program pemanfaatan lahan pekarangan ini. “Dengan memanfaatkan lahan tentunya dapat menghasilkan nilai ekonomis, dan masyarakat juga akan semkin sejahtera,“ katanya.

TP-PKK Provinsi Sumatera Utara yang turut mendampingi Nyonya Gubernur antara lain, Ny. Vera Imam Rudi, Ny Endah Maria, serta Ny Yulizar dan Ny Amisani dari Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara.

Mereka melakukan peninjauan langsung ke lahan pekarangan warga di Tanjung Tongah yang dikelola oleh warga bersama Pj Walikota, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Jhon Pieter Sitorus,S.Sos. MSi,   Kadis kebersihan Drs. Robert Samosir, Camat Siantar Martoba Rapidin Saragih SH, Lurah Tanjung Tongah Henri Gunawan Purba, SH.

Editor : REM

Baca Juga

Deteksi Penggunaan Narkoba, Pegawai Kebangpol di Tes Urin

SiantarNews|Siantar,-Untuk mengetahui keterlibatan peyalahgunaan narkoba, badan kesbangpol kota Pematangsiantar melakukan tes urin kepada jajarannya. Tes ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!