News Update
Siantar News / Siantar / Kapolda: Kesadaran Warga Pematangsiantar Jaga Kekondusifan Cukup Tinggi

Kapolda: Kesadaran Warga Pematangsiantar Jaga Kekondusifan Cukup Tinggi

SiantarNews|Siantar,-Pelaksanaan pemungutan suara pada Pilkada Walikota/Wakil Walikota Pematangsiantar yang berlangsung sejak pukul 07.00-13.00 WIB berjalan aman, damai, kondusif dan demokratis. Hal ini menunjukkan masyarakat Kota Pematangsiantar ternyata bisa berdemokrasi dengan baik sekaligus menjaga keamanan dan ketertiban.

“Meskipun sebelum Pilkada, sempat ada serangkaian aksi demonstrasi, tetapi semuanya berjalan lancar. Hal ini menunjukkan kesadaran masyarakat Kota Pematangsiantar sangat tinggi menjaga kekondusifan.” demikian dikemukakan Kepala Kepolisian Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Dr.H.Rycko Amelza Dahniel kepada puluhan wartawan, usai mengunjungi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1 Kompleks Aspol dan TPS 2 Jalan Asahan Kelurahan Siopat Suhu Kecamatan Siantar Timur, Rabu pagi (16/11/2016).

“Saya mendapat laporan, bahwa partisipasi pemilih juga lumayan dan semuanya berjalan kondusif. Semoga hingga proses perhitungan suara juga berjalan lancar,” katanya.

Kedatangan Kapolda dengan Helikopter sekitar pukul 10.25 WIB di Lapangan Brimob Jalan Ahmad Yani, disambut Kepala Staf (Kasdam) I/BB, Brigjen TNI Tiopan Aritonang, Kasat Brimob Poldasu Kombes Zulfikar, Penjabat Walikota, Anthony Siahaan SE,ATD,MT, Ketua DPRD Eliakim Simanjuntak SE, Kapolres Pematangsiantar AKBP Dodi Darjanto,S.IK,MTTA, Dandim 0207/Sml Letkol.Oni Kristiyono Goendong, Kajari, M.Masril,M.Hum, Ketua Pengadilan Negeri Pesta Sitorus,M.Hum.

Tampak turut menyambut Kapolda, Bupati Simalungun Dr.JR.Saragih,MM, Kapolres Simalungun, AKBP Yofie Girianto Putro,S.Ik, Kasrem 022/PT Letkol Baginta Bangun, Dandenpom I/1 Mayor Sutrisno,SE, Kasubden 2 Brimob AKP Arifin Tampubolon SH serta sejumlah pejabat teras militer, kepolisian maupun Pemko Pematangsiantar. Juga ada Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) tampak hadir Hasyim Azhari, Ketua KPU Sumut Mulia Banuarea dan Ketua KPU Pematangsiantar Mangasi Tua Purba.

Usai mengunjungi TPS, selanjutnya Kapolda bersama rombongan menggelar pertemuan dengan para alim ulama serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di Aula Mapolres Pematangsiantar Jalan Sudirman. Dalam pertemuan ini, Kapolda memberikan kesempatan kepada para ulama untuk berdialog menyangkut masalah-masalah sosial serta berbagai harapan dan keluhan tentang stabilitas keamanan dan ketertiban serta kinerja aparat.

Mewakili para undangan, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Simalungun Abdul Halim Lubis, Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam, Abun, mewakili tokoh masyarakat Drs. Armaya Siregar memberikan pendapat tentang berbagai hal. Ada yang menyangkut kinerja aparat keamanan baik TNI dan Polri, toleransi beragama, maraknya penggunaan sosial media yang kerap jadi ajang provokatif, hingga masalah maraknya perjudian di Pematangsiantar dan Simalungun turut disampaikan Kepada Kapolda dan Kasdam I/BB.

Merespon hal tersebut, Kasdam berjanji akan meningkatkan kinerja anak buahnya di lapangan agar lebih humanis dalam menjalankan tugasnya. “Kami akan perbaiki kinerja anggota kami, namun kami juga menghimbau agar kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dalam rangka pembangunan,”katanya.

Secara tegas, Kapolda mengatakan berbagai bentuk perjudian yang dikeluhkan masyarakat, tidak boleh lagi ada di wilayah kerjanya. “Tidak boleh lagi ada judi, baik oleh masyarakat apalagi oleh aparat. Saya minta masyarakat melaporkannya tapi jangan main hakim sendiri. Apakah kita setuju judi tidak boleh ada?” katanya bertanya dan dijawab hadirin serentak “Setuju”.

Pada bagian akhir dialog, Kapolda berpesan agar seluruh masyarakat senantiasa menjaga toleransi beragama, karena masyarakat Sumatera Utara, khususnya Pematangsiantar dan Simalungun sangat majemuk, baik dari aspek agama maupun etnik. “Mari kita saling menghormati dan menghargai,”katanya menutup pertemuan. Selanjutnya Kapolda bersama rombongan menyempatkan diri berkunjung ke Kantor KPU di Jalan Porsea.

Editor     : Edy

Baca Juga

Deteksi Penggunaan Narkoba, Pegawai Kebangpol di Tes Urin

SiantarNews|Siantar,-Untuk mengetahui keterlibatan peyalahgunaan narkoba, badan kesbangpol kota Pematangsiantar melakukan tes urin kepada jajarannya. Tes ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!