Siantar News / Headline / Jangan Menghakimi
Pdt Sunggul Pasaribu
Pdt Sunggul Pasaribu

Jangan Menghakimi

Oleh : Pdt Sunggul Pasaribu,MPAk

Seorang filsuf sedang mengarungi lautan bersama nelayan. Ketika mereka dalam perjalanan, sang filsuf berbincang-bincang kepada pendayung sampan yang ditompanginya. Sepanjang perjalanan mereka berdialog mengenai kehidupan ini. Inilah beberapa percakapan mereka berdua, sang filsuf memulai satu pertanyaan, katanya : “Apakah yang kamu ketahui tentang matahari, bulan, bintang dan pengaruhnya terhadap bumi, samudera dan sungai.?” Maka, si nelayan pun menjawabnya: “Saya tidak tahu tentang itu semua. Yang saya tahu bahwa Allah menjadikan semua itu dengan keindahan masing-masing dan Allahlah yang mengatur semua peredarannya”. Mendengar jawaban seperti itu, filsuf berkata : “Berarti kamu telah menyia-nyiakan seperempat hidupmu”

Kemudian filsup bertanya lagi, katanya : “Apakah yang kamu ketahui tentang kebijakan Pimpinan Negara kita untuk mensejahterakan rakyatnya.?”. Si nelayan menjawab : “ Saya tidak tahu kebijakan mereka, yang saya tahu mereka diangkat melalui Pemilihan Umum – tetapi Allah tetap sama dari dulu sampai sekarang dan saya percaya kepadaNya.” Lalu sang filsuf berkata : “ Berarti kamu telah menyia-nyiakan setengah dari hidupmu.”

Pertanyaan filsuf selanjutnya : “Apa yang kamu ketahui tentang Allah yang kamu percayai itu dan bagaimana cara kerjanya.? Dengan cepat si nelayan menjawab, katanya : “Saya tidak dapat menjelaskan cara Allah bekerja, yang saya tahu bahwa Allah itu Maha Kuasa, senantiasa menuntun, menjaga hidupku dalam kasih sayangNya. Maka aku menyerahkan seluruh hidupku kepadaNya, sehingga aku dapat tidur nyenyak pada malam hari.” Tetapi si filsuf menanggapinya dengan berkata : “ Berarti engkau telah menyia-nyiakan tigaperempat hidupmu.” Begitu filsuf ini selesai berkata demikian, tiba-tiba saja ombak, badai dan angin kencang berputar-putar dari utara dan selatan disertai dengan hujan lebat. Perahu mereka nyaris tenggelam oleh karena badai yang begitu kencang. Seketika itu filsuf pun merasa ketakutan melihat badai yang kuat.

Ditengah badai, dan ombak, serta hujan lebat maka si nelayan pun bertanya : “Mengapa tuan takut dan cemas, apakah tuan tidak dapat berenang.? Filsuf menjawab dengan rasa ketakutan : “Tidak.! Saya tidak dapat berenang.” Mendengar jawaban filsuf, maka si nelayan berkata : “Berarti tuan telah menyia-nyiakan seluruh hidupmu, karena tuan akan mati dalam badai, dan angin ribut, serta ombak ditengah lautan ini. Seharusnya tuan tidak perlu takut sebab hidup ini adalah anugerah Tuhan.”

Dari percakapan dua orang diatas, antara seorang filsuf dan nelayan tersebut dapat kita mengambil hikmat : “Jangan menghakimi sesama”. Menurut filsuf, si nelayan dituduh adalah manusia yang sia-sia hidupnya setengah, seperempat, dan dua pertiga hanya karena ia tidak mengetahui tentang ilmu bumi, politik dan agama. Tetapi, menurut si nelayan juga bahwa si filsuf termasuk orang yang hidupnya sia-sia keseluruhan karena ia tidak bisa berenang. Kepintaran, kecerdikan, dan hikmat sebesar apapun yang dimilikinya jika sedang berada di tengah ombak lautan maka ia akan tenggelam dan mati. Sebab, si filsuf tidak dapat berenang.

Menurut nelayan mereka yang tidak pintar berenang ditengah lautan ketika kapal akan tenggelam siapapun orangnya pasti terancam mati ditelan ombak. Tetapi mereka yang pintar berenang akan selamat.
Dalam hidup ini meskipun kita pintar, bijaksana, cerdik janganlah menghakimi mereka yang tidak pintar, orang kecil, orang miskin, atau orang bodoh. Supaya kita tidak dihakimi jika kita memiliki kelemahan maka janganlah kita menghakimi sesama. Amin.

Penulis, Dosen Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Baca Juga

Sedih! Kisah Suami Meninggal Memeluk Jasad Istri Usai Melayat Kerumah Keluarga Di Siborong-borong

SiantarNews|Siantar,- Sepasang suami-istri yang pergi melayat adiknya yang meninggal dunia di Siborong-borong berujung kisah sedih, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!