Siantar News / Siantar / Politik & Pembangunan / IWO Minta Wartawan Pantau Informasi Ketersediaan E-KTP di Siantar-Simalungun
E-KTP

IWO Minta Wartawan Pantau Informasi Ketersediaan E-KTP di Siantar-Simalungun

SiantarNews|Siantar,- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebut masih ada 7,4 juta keping blangko e-KTP yang tersediaa dan disebut bahwa blangko ini disebut masih cukup hingga tahun 2018 mendatang. Namun berbeda halnya di Kota Siantar, warga masih kesulitan ketika mengurus e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Belum diperoleh informasi yang pasti alasan kosongnya blanko E-KTP di kota berhawa sejuk tersebut. Beberapa warga juga menuturkan bahwa untuk memperoleh surat resi sebagai pengganti identitas resmi tersebut, warga harus menunggu beberapa hari dan terkesan lama.

Lina, Salah satu warga yang ditemui saat hendak mengurus E-KTP nya beberapa waktu lalu mengaku mendapatkan informasi dari pihak Disdukcapil bahwa blanko masih belum tersedia. Karena kebutuhan prosedur klaim dari salah satu perusahaan asuransi dirinya berinisiatif memohonkan resi sebagai pengganti, namun harus menunggu kurang lebih 3 hari untuk prosesnya.

“Saya mau urus E-KTP buat mengurus pencairan asuransi saya, namun pihak catatan sipil bilang belum ada blanko E-KTP bang. Untuk itu saya coba minta resi, itupun nanti prosesnya bisa selesai 2-3 hari katanya”,Ujar Lina yang kepada wartawan.

Menanggapi berbagai keluhan tersebut , Ikatan Wartawan Online (IWO) Siantar-Simalungun, mendesak Disdukcapil Siantar menjawab masalah ini. Hal itu tercetus dalam rapat koordinasi IWO Siantar-Simalungun yang digelar di warung kopi Nainggolan, Jalan Gereja, Kecamatan Siantar Selatan, Sabtu (30/9/2017) lalu.

Dalam pertemuan wartawan yang tergabung dalam organisasi wartawan online tersebut, keluhan yang dialami oleh beberapa warga yang berhasil dihimpun oleh wartawan lintas media, menjadi topik hangat pembahasan dalam pertemuan tersebut.

Menyikapi hal tersebut hasil pertemuan menyepakati agar seluruh wartawan ikut menggali informasi dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait persoalan tersebut.

“Kemendagri sudah menegaskan, bahwa blangko e-KTP tersedia hingga tahun 2018. Namun, sampai saat ini, warga Siantar masih kesulitan mengurus e-KTP. Disdukcapil selalu beralasan ketersediaan blangko sedang kosong,” tegas Ketua IWO Siantar-Simalungun, Ferry Ojak Perdede.

Oleh sebab itu, Ferry meminta agar para pengurus IWO Siantar-Simalungun bergerak melalui medianya masing-masing mencari kepastian ketersedian blangko e-KTP.

“Persoalan ketidak tersediaan blangko ini harus terus kita gali dan kembangkan hingga mengetahui akar permasalahannya. Dengan peran seluruh media, kita harapakan masyarakat Kota Siantar bisa mengetahui dan mendapatkan informasi tentang ketersediaan blangko e-KTP,” jelasnya. (Rey)

Baca Juga

Pemko Pematangsiantar Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia ‘HMPI’ Tahun 2017

SiantarNews|Siantar,-Pemerintah Kota Pematangsiantar melalui Dinas Lingkungan Hidup, melaksanakan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!