News Update
Siantar News / Siantar / Politik & Pembangunan / Ini Kemeriahan Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 52 Kota Pematangsiantar
Pj. Walikota Menyerahkan Hadiah

Ini Kemeriahan Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 52 Kota Pematangsiantar

SiantarNews|Siantar,- Ratusan orang tampak antusias bersenam ria di Lapangan Brigade Mobil (Brimob) Sub Detasemen II Jalan Ahmad Yani Pematangsiantar dalam rangka peringatan puncak perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 52, Jumat pagi (25/11). Di tengah cerahnya pagi hari itu, Penjabat Walikota, Anthony Siahaan, SE ATD, MT beserta istri tampak turut berbaur bersama mayarakat untuk Senam Kesehatan Jasmani yang dipandu instruktur.

Usai senam,  Pj Walikota membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, yang bertema: “HKN ke 52 adalah Indonesia Cinta Sehat” dengan sub thema “Masyarakat Hidup  Sehat, Indonesia Kuat”. Tema ini dimaksudkan untuk membangkitkan kembali pesan – pesan kesehatan, bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat, serta berperan serta aktif dalam jaminan kesehatan nasional. “Sehingga nantinya, akan terbangun kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan untuk mencapai indonesia kuat, ” katanya.

Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) 2005- 2024 yang menetapkan bahwa pembangunan kesehatan menuju kearah pendekatan kesehatan yang preventif dan promotif. Artinya, pendekatan pencegahan penyakit menular maupun tidak menular yang tergantung pada sikap perilaku manusianya. Dimana salah satu perilaku adalah dengan menjaga kesehatan lingkungan.

Disebutkan juga, bahwa program prioritas pembangunan kesehatan 2015 – 2019 dilaksanakan melalui program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, dengan 12 indikator yakni, mengikuti program keluarga berencana (KB), melakukan persalinan difasilitas kesehatan, bayi mendapat imunisasi yang lengkap, memantau pertumbuhan bayi, bayi mendapat kan Air Susu Ibu (ASI), penderita tuberculosis paru mendapat pengobatan sesuai standart, penderita hipertensi mendapat pengobatan secara teratur, penderita gangguan jiwa tidak diterlantarkan, anggota keluarga tidak ada yang merokok, keluarga sudah menjadi anggota JKN, mempunyai akses air bersih serta memiliki jamban yang sehat.

Seiring dengan program Indonesia Sehat maka pada 15 November 2016 lalu Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo  telah meluncurkan program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang dilakukan bersama di seluruh Indonesia. Tujuannya, untuk menjaga kesehatan masyarakat  serta meningkatkan produktivitas masyarakat. “Melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin adalah merupakan beberapa kegiatan germas,” tandasnya.

Sebelumnya Ketua Panitia HKN ke 52 Erni Masni Saragih, AMG melaporkan beberapa kegiatan Pra HKN yang diselengarakan seperti lomba pidato, donor darah, lomba bayi sehat, lomba kreasi gerakan jinggel cerdik, lomba kantin sekolah dan restoran sanitasi terbaik. Juga penyerahan hadiah berbagai lomba kepada pemenang, diantaranya  Juara Lomba Pidato PHBS diterima SMA RK Bintang Timur, Lomba Cerdas Cermat Kader Posyandu dimenangkan Puskesmas Kahean, Lomba Bayi Sehat dimenangkan Puskesmas Parsoburan, Lomba Kreasi Jinggel Cerdik dimenangkan Puskesmas Bahbiak.

Pemenang restoran sanitasi terbaik adalah Rumah Makan Beringin Indah, Kantin terbaik Perguruan Sultan Agung. Febriyanti Sipayung, AMK terpilih sebagai tenaga keperawatan teladan Puskesmas se Kota Pematangsiantar, Megawaty Hasibuan sebagai tenaga kesehatan masyarakat teladan, dan Friska Donna Marbun, AMG  sebagai tenaga gizi teladan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Pemerintahan Kesra Leonardo Simanjuntak, SH M.Hum, Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan Drs M Akhir Harahap, Kepala Sub Detasemen (Kasubden) II Brimob AKP Arifin Tampubolon SH, Kepala Dinas Kesehatan dr Ronald Saragih, MKes, Kabag Humas Jalatua Hasugian, Wakil Pimpinan Bank Sumut Cabang Pematangsiantar Rudi, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Rasianta Ginting.

Editor : Rey

Baca Juga

Pematangsiantar Fasilitasi 1.000 Lowongan Kerja

SiantarNewslSiantar,-Pemerintah Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara memfasilitasi 1.000 lowongan kerja melalui pameran bursa kerja atau job ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!