News Update
Siantar News / Headline / Hulman – Hefriansyah “Diketuk” KPU Siantar Sebagai Peraih Suara Terbanyak

Hulman – Hefriansyah “Diketuk” KPU Siantar Sebagai Peraih Suara Terbanyak

SiantarNews|Siantar,-Melalui rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Siantar, pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Siantar nomor 2, Hulman Sitorus dan Hefriansyah (Hulman – Hefriansyah), sah (“diketuk”) sebagai peraih suara terbanyak versi rekapitulasi perhitungan perolehan suara di tingakat kota.

Hal itu merupakan ending (akhir) dari pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara calon Walikota dan Wakil Walikota Siantar, yang digelar KPU Kota Siantar di gedung Darma Wanita Pemko Siantar, Rabu (23/11/2016), sejak pagi hingga sore hari.

Rekapitulasi perhitungan perolehan suara tingkat Kota Siantar, ditandai dengan penyampaian hasil rekapitulasi perhitungan perolehan suara di 8 kecamatan, oleh masing masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se kota itu.

Hasil dari 8 kecamatan se Kota Siantar, pasangan calon (paslon) Hulman – Hefriansyah memperoleh suara di Pilkada 16 Nopember 2016 kemarin sebanyak, 59.401 suara. Disusul paslon Wesly Silalahi – Sailanto sebesar 25.609 suara, Teddy Robinson Siahaan – Zainal Purba 18.836 suara dan Sujito – Djumadi 4.046 suara.

Masa Ajukan Gugatan ke MK 3 Hari

Dipenghujung pleno, Ketua KPU Kota Siantar, Mangasi Tua Purba menyampaikan, bila ada paslon yang tidak dapat menerima hasil perolehan suara yang ditetapkan melalui pleno KPU kali ini, ia mengingat masa untuk mendaftarkan gugatan paling lama 3 hari kerja, terhitung sejak hari ini Rabu (23/11/2016), jam 17.07 WIB.

Bila tidak ada yang mengajukan gugatan hingga  3 hari kerja berlalu, yakni, hingga tanggal 28 Nopember 2016 jam 17.07 WIB, maka, KPU Kota Siantar, akan menetapkan paslon terpilih diantara tanggal 29 atau 30 Nopember 2016 mendatang.

Jika ada yang mengajukan sengketa perolehan hasil pemilihan (PHP), lanjut Mangasi, penetapan paslon terpilih, menunggu hasil keputusan Mahkamah Konstitusi.

Kemudian, Mangasi juga mengingatkan, hasil penetapan paslon terpilih nantinya akan disampaikan ke DPRD Kota Siantar untuk disahkan, lalu DPRD mengirim ke Mendagri melalui Gubsu, untuk dilakukan pelantikan paslon terpilih sebagai Walikota dan Wakil Walikota Siantar.

Bila dewan tidak menindaklanjuti untuk pelantikan, maka KPU Siantar akan langsung mengirim ke Mendagri untuk dilakukan pelantikan paslon terpilih sebagai Walikota dan Wakil Walikota melalui KPU Sumut dan Gubsu.

Editor : MGP

Baca Juga

Meski Diguyur Hujan, Pelantikan DPC dan DPAC Partai Demokrat Siantar Simalungun Tetap Semangat

SiantarNews|Siantar,-Partai Demokrat laksanakan pelantikan terhadap pengurus DPC dan DPAC di Siantar tepatnya di lapangan Adam ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!