News Update
Siantar News / Siantar / Hukum & Kriminal / Dompet Berisi Ganja, Pria Jalan Tarutung Diadili
Kusnadi saat disidang

Dompet Berisi Ganja, Pria Jalan Tarutung Diadili

SIANTARNEWS | SIANTAR-Kusnady (35) warga Jalan Tarutung, Pematangsiantar harus didudukkan sebagai terdakwa karena telah melakukan perbuatan yang melanggar hukum sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 114 ayat (1) Undang-Undang RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Terdakwa yang dihadapkan di depan majelis hakim Pasti Tarigan SH dengan Anna Lusiana SH sebagai Jaksa Penuntut Umum dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Pematangsiantar, Selasa (29/9/2015).

Dalam dakwaan yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum bahwa terdakwa pada Sabtu, (25/4/2015) sekitar pukul 17.00 WIB di Jalan Tarutung, Kelurahan Teladan, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, tertangkap petugas kepolisian saat memegang 6 bungkus narkotika golongan I jenis tanaman berupa ganja.

.
Sebelumnya, terdakwa Kusnadi baru selesai kerja dari daerah Sibatu-batu, Pematangsiantar dan hendak pulang menuju ke rumahnya di Balimbingan, Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun.

Namun sebelum pulang ke rumah, terdakwa singgah di sebuah warung di Jalan Tarutung, Pematangsiantar untuk minum teh manis.

Dan setelah terdakwa memesan teh manis, terdakwa berjumpa dengan Wawan. Lalu Wawan yang sudah dikenal terdakwa, hendak meminjam sepeda motor terdakwa dan terdakwa langsung menyerahkan kunci sepeda motor.

Dan di saat yang bersamaan Wawan juga menyerahkan 1 bungkusan kertas yang berisikan ganja kepada terdakwa dan terdakwa menanyakan kepada Wawan apa yang telah diterimanya dan Wawan menjawab bahwa terdakwa sudah mengetahui isi dari bungkusan tersebut.

Kemudian terdakwa menghabiskan minumannya dan bersama Wawan pergi menuju ke kamar kos Wawan. Setelah sampai di kamar kos tersebut, terdakwa melihat Ferry Habbi (diperiksa dalam berkas terpisah) dan Bambang sudah berada di dalam kamar kos tersebut, sedang memegang bong dan menggunakan sabu-sabu.

Sedangkan Ferry Habbi sedang duduk di kamar tersebut. Di dalam kamar tersebut terdakwa memasukkan bungkusan yang berisi ganja yang diberikan Wawan ke dalam dompet terdakwa.

Dan tidak berapa lama terdakwa berada di dalam kamar, Wawan dan Bambang pergi meninggalkan terdakwa dan Ferry Habbi di dalam kamar dan bong yang dipegang Bambang diletakkan di lantai.

Selanjutnya setelah Wawan dan Bambang pergi, Dani dan saksi Teguh Hardiansyah yang merupakan anggota Polisi Militer Pematangsiantar ke kos-kosan tersebut yang mana sebelumnya para saksi mendapat informasi kalau di kos-kosan tersebut sering dijadikan tempat transaksi narkotika yang melibatkan anggota TNI.

Saat melihat terdakwa dan Ferry Habbi berada di dalam kamar, para saksi melakukan pemeriksaan terhadap terdakwa dan Ferry Habbi yang mana saat dilakukan pemeriksaan dari dalam dompet terdakwa ditemukan 1 bungkusan kertas berisi Narkotika jenis ganja.

Sedangkan dari Ferry Habbi tidak ditemukan barang bukti. Selanjutnya para saksi melakukan pemeriksaan di kamar kos tersebut dan dari lantai kamar ditemukan 1 jacket warna biru yang di dalamnya terdapat 6 bungkusan kertas berisi ganja, 1 bong dan 1 kotak warna hitam berisi 1 pipa kaca, 1 plastik klip dan 1 mancis.

Selanjutnya barang bukti disita dan saat ditanyakan kepada terdakwa dan Ferry Habbi siapa pemilik barang tersebut, lalu terdakwa menjawab kalau barang bukti yang dijumpai di dompet berupa 1 bungkusan berisi ganja dengan berat 2.75 gram adalah milik terdakwa, sedangkan barang bukti yang lain berupa 1 jacket warna biru yang di dalamnya terdapat 6 bungkusan kertas berisi ganja dengan berat 8.4 gram, 1 bong dan 1 kotak warna hitam berisi 1 pipa kaca, 1 plastik klip dan 1 mancis adalah milik Wawan pemilik kamar kos-kosan tersebut.

Selanjutnya terdakwa dan juga Ferry Habbi beserta barang bukti dibawa ke kantor Polisi Militer Pematangsiantar dan selanjutnya pada Minggu, (26/4/2015) terdakwa berikut barang bukti diserahkan ke Polres Pematangsiantar guna penyelidikan lebih lanjut.

Penulis : Friska
Editor : Tigor

Baca Juga

Siang Bolong, Jabret Beraksi di Kota Pematangsiantar

SiantarNews|Siantar,-Dedi Ramadani (25) warga jln sibatu batu blok IX Kel Bah sorma kec Siantar Sitalasari ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!