News Update
Siantar News / Headline / Diprotes, Warga Minta Momen Revisi RTRW Pindahkan STTC
Perwakilan Warga Siopat Suhu

Diprotes, Warga Minta Momen Revisi RTRW Pindahkan STTC

SiantarNews|Siantar,- Ratusan warga masyarakat yang tinggal di sekitar pabrik industri milik PT. STTC Jalan Pdt. Justin Sihombing,  Kecamatan Siantar Timur menyurati DPRD Siantar untuk menindak tegas pabrik industri tembakau milik PT. STTC, Rabu (31/5/2017).

Dalam suratnya, masyarakat mengeluhkan dampak negatif dari pengolahan tembakau yang dikeluarkan PT. STTC. Masyarakat sekitar pabrik industri tembakau itu menjadi sering menghirup udara bau tembakau daripada udara segar. Selain itu, udara yang dikeluarkan pabrik itu menjadi penyebab berbagai penyakit, seperti Paru paru basah, Tuberculosis (TBC), penyakit saluran napas seperti ISPA dan penyakit lainnya.

Herman Sipayung, salah seorang warga yang bermukim di Jalan Linggar Jati, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur menuturkan, masyarakat sekitar PT. STTC menjadi perokok pasif akibat udara yang dikeluarkan pabrik itu. Menurutnya, wasyarakat sekitar mulai dari anak anak, remaja, dewasa, ibu ibu hamil sampai janin menjadi terkena dampak didirikannya pabrik milik PT. STTC.

“Kami menjaga generasi penerus yang tinggal disekitaran pabrik itu. Ada banyak yang terkena dampaknya, mulai anak anak, ibu hamil sampai janin yang dikandung nya. Semua itu menjadi perokok pasif,” Ujarnya saat ditemui di kantor DPRD Siantar.

Lanjutnya, surat yang ditujukan kepada DPRD itu merupakan surat lanjutan, dimana sebelumnya masyarakat yang tinggal disekitaran pabrik milik PT. STTC juga sudah pernah melayangkan surat yang sama.

“Ini surat lanjutan. Sebelumnya juga kami sudah pernah menyurati DPRD untuk memindahkan pabrik milk PT. STTC itu. Kebetulan hari ini adalah Hari Tanpa Tembakau Sedunia, tapi nyatanya dari dulu, sekarang sampai seterusnya kami akan tetap menghirup bau tembakau jika pabrik itu tidak dipindahkan, “Tuturnya.

Di dalam surat itu, masyarakat juga menyinggung rencana Pemko Siantar merevisi Perda No 1 tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Didalam tertulis “Dengan semangat sesuai UU No 26 tahun 2007 tentang penataan ruang BAB VIII Pasal 60 tentang Hak, Kewajiban dan Peran masyarakat serta Peraturan Pemerintah (PP) No 68 tahun 2017 tentang Bentuk dan tata cara peran masyarakat dalam penataan ruang merekomendasikan agar PT. STTC PINDAH Dari Jalan Pdt. Justin Sihombing”. (Gid)

Baca Juga

Siang Bolong, Jabret Beraksi di Kota Pematangsiantar

SiantarNews|Siantar,-Dedi Ramadani (25) warga jln sibatu batu blok IX Kel Bah sorma kec Siantar Sitalasari ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!