News Update
Siantar News / Headline / Di Kota Siantar, Gereja Ikut Dukung Pelaksanaan Ibadah Puasa
Spanduk ucapan selamat menunaikan ibadah puasa dari GKPS Jalan Sudirman.

Di Kota Siantar, Gereja Ikut Dukung Pelaksanaan Ibadah Puasa

SiantarNews|Siantar-Setara Institute pada Tahun 2015 menempatkan Kota Siantar sebagai peringkat pertama sebagai kota berhasil memperjuangkan toleransi. Hingga kini, toleransi itu pun tetap terjaga. Salah satu bukti meski lewat media (spanduk), Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) yang beralamat di Jalan Sudirman kota setempat menyampaikan “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1438H/2017M Kepada Saudara kami Umat Muslim”.

Ketua Majelis Ulama Indonesia Drs.HM.Ali Lubis, merespon baik spanduk ucapan tersebut. Menurut Ali Lubis, hal tersebut dapat menjadi dorongan kepada warga Siantar untuk tetap menjaga kerukunan antar umat beragama di kota terbesar kedua di Sumut itu.”Terimakasihlah atas ucapan menjalankan ibadah puasa, semoga kerukunan yang telah terjalin selama ini terus terjaga sampai selamanya,” katanya saat dimintai tanggapannya Selasa (30/5/2017).

Ali bilang, ucapan itu juga menjadi dorongan moral dan nantinya umat Islam bisa juga mengucapkan selamat untuk perayaan agama lainnya.
” Itukan bagus, nantinya umat Islam bisa juga mengucapkan selamat untuk perayaan agama lainnya, dan umat kristiani dan agama lain mengucapkan selamat berbuka puasa itu sah-sah saja karena itu dorongan moral. Bagus, itu tetap menjaga kerukunan dan harus dipertahankan,”tandasnya.

Sementara di tempat terpisah, Ephorus GKPS, Pdt. Rumanja Purba mengatakan, perbedaan agama jangan menjadi pemisah kemajemukan di Kota Siantar.

Baginya, kerukunan ini harus tetap dijalin semua warga. “Perbedaan agama jangan memisahkan yang majemuk dikota ini, sehingga mari kita tekun dalam agama masing-masing namun tetap jangan lupa dengan menjaga kemajemukan tersebut. Yang pasti kerukunan ini harus tetap dijalin semua warga Siantar. Kami warga GKPS menghargai dan menghormati ibadah yang sedang dilaksanakan,”terang Rumanja Purba. (GID|REM)

Klik Disini Untuk Mendaftar

Baca Juga

BreakingNews: Bom Bunuh Diri Meledak di Depan Gereja Santa Maria

SiantarNews|Surabaya – Sebuah bom bunuh diri meledak di depan Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di ...