News Update
Siantar News / Siantar / Politik & Pembangunan / BPS Gelar Sosialisasi Penyusunan Disagregasi PMTB Kota Pematangsiantar
Sosialisasi Penyusunan Disagregasi PMTB Kota Pematangsiantar

BPS Gelar Sosialisasi Penyusunan Disagregasi PMTB Kota Pematangsiantar

SiantarNews|Siantar,-Badan Pusat Statistik secara nasional melaksanakan kegiatan survei penyusunan disagregasi pembentukan modal tetap bruto (PMTB). Terkait kegiatan tersebut BPS kota Pematangsiantar menggelar sosialisasi di Sapadia Hotel, Jalan Pangeran Diponegoro. Acara di hadiri Wali Kota Hefriansyah, SE, MM diwakili staf ahli bidang pembangunan, Drs. Eddy Nuah Saragih, Senin (9/4).

Dalam sambutan Wali Kota yang dibacakan staf ahli dijelaskan, investasi khususnya yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, investasi fisik direalisasikan dalam bentuk penambahan kapital fisik atau dikenal sebagai pembentukan modal tetap bruto (PMTB). Investasi yang sedang digalakkan pemerintah saat ini diharapkan mampu memberikan yang positif bagi kesejahteraan masyarakat, termasuk di kota Pematangsiantar.

Untuk mengetahui peranan investasi dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat, diperlukan instrumen khusus sebagai indikator. Pememerintah melalui peraturan Presiden RI nomor 79 tahun 2007 tentang rencana kerja pemerintah (RKP) 2018, meanetapkan pengembangan dunia usaha dan pariwisata sebagai prioritas pembangunan nasional ke empat melalui program perbaikan iklim investasi dan penciptaan lapangan kerja, kegiatan prioritas percepatan fasilitas penyelesaian masalah investasi.

Salah satu sasaran kegiatannya adalah tersedianya data PMTB yang telah di-disagregasi berdasarkan institusi (Pemerintah, swasta dan BUMN) dan berdasarkan sektor yang terdiri dari 17 lapangan usaha. Untuk itu pemerintah melalui BPS secara nasional melaksanakan kegiatan survei penyusunan disagregasi PMTB.

Petugas nantinya akan mendatangi beberapa perusahaan dan OPD untuk mendapatkan pendataan mengenai barang modal yang dimiliki, baik penambahan maupun pengurangan yang terjadi di tahun 2016 dan 2017. Dari survei tersebut akan didapatkan beberapa indikator investasi yang akan dikelompokkan menurut institusi dan lapangan usaha.

Sebelum mengakhiri sambutannya Wali Kota menghimbau kepada semua pihak untuk mendukung kegiatan survei penyusunan disagregasi PMTB yang akan dilaksanakan oleh BPS kota Pematangsiantar dari tanggal 1 April sampai 30 Juni 2018 mendatang dengan memberikan jawaban secara jujur dan transparan.

Acara sosialisasi yang dilaksanakan BPS kota Pematangsiantar pimpinan Ir. Sawaluddin Naibaho, M.Si menghadirkan nara sumber Liharman Saragih dari USI dan Marlina Naibaho dari BPS, tampak hadir Asisten II Drs. M Akhir Harahap, Kabag Perekonomian, Abdul khodir Siregar, SE dan pimpinan OPD terkait serta sejumlah pimpinan perusahaan yang beroprasi di kota Pematangsiantar. (Rel).

Klik Disini Untuk Mendaftar

Baca Juga

Mau Jadi Dosen? Peluang Terbuka Lebar, Catat Syaratnya

SiantarNews|Bandung – Kebutuhan tenaga pengajar atau dosen di perguruan tinggi di Indonesia sangat besar. Peluangnya bagi generasi milenial ...