Siantar News / Regional / Medan / Tersangka Pembunuh Satu Keluarga di Mabar Terancam Hukuman Mati
Istimewa

Tersangka Pembunuh Satu Keluarga di Mabar Terancam Hukuman Mati

SiantarNews|Medan,-Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) sudah menunjuk tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk mengadili Andi Lala Cs, tersangka kasus pembunuhan sadis satu keluarga di Mabar, Kecamatan Medan Deli, Medan.

“Iya, kita sudah menunjuk tim JPU dalam kasus pembunuhan sadis ini. Untuk tim JPU diketuai oleh K Sinaga,” ungkap Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Sumut, Sumanggar Siagian, kepada Sumut Pos, Selasa (2/5).

Begitu juga, pihak Kejati Sumut sudah menerima surat perintah dimulainya penyidikan (SPDP) Andi Lala bersama ketiga tersangka lain, pada pekan lalu.

“Jadinya, keterima SPDPnya, pada hari Rabu (25/4) pekan lalu,” papar Sumanggar.

Mantan Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Binjai ini mengatakan, pihaknya tengah menunggu pelimpahan berkas tahap pertama dari penyidik kepolisian di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Sumut.

“Untuk perkara ini, kita dari Kejati Sumut langsung menangani perkara ini. Karena, seluruh JPU adalah jaksa dari Kejati Sumut,” tutur Sumanggar.

Di sisi lain, Sumanggar Siagian mengungkapkan, menurut kacamata hukum sebagai JPU tidak ada alasan yang tepat diberikan untuk memaafkan bagi orang yang melakukan tindak pidana, apalagi pembunuhan sadis dan terencana itu.

“Apa yang dilakukan tersangka telah menghilangkan nyawa orang lain dengan sengaja. Kalau pasal yang dikenakan ya tentang pembunuhan yakni Pasal 338 KUHPidana,” ungkapnya.

Dia menambahkan, didasari pembunuhan Andi Lala terhadap keluarga Riyanto yang notabene masih memiliki hubungan keluarga tersebut merupakan berencana, sehingga Andi Lala juga layak dikenakan Pasal 340 KUHPidana tentang pembunuhan berencana dengan hukuman maksimal, yakni hukuman mati.

“Kalau lebih spesifik lagi itu pembunuhan berencana Pasal 340, apalagi dia (Andi Lala) merupakan otak pelaku, orang yang merencanakan pembunuhan itu,” tegas Sumanggar.(snw|jpnn)

Baca Juga

Jokowi Kembali Lakukan Aksi blusukan Dadakan ke Pasar Aksara Medan

SiantarNewslMedan,-Presiden Jokowi kembali melakukan aksi blusukan dadakan di Medan. Dalam perjalanan menuju Bandara Kuala Namu ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!