News Update
Siantar News / Regional / Medan / 2 Penderita difteri Asal Humbahas dan Asahan dirawat di RSUP H Adam Malik Medan

2 Penderita difteri Asal Humbahas dan Asahan dirawat di RSUP H Adam Malik Medan

SiantarNews|Medan,-Dua penderita difteri masih mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan. Dua lainnya telah sembuh, sehingga total sudah 4 penderita penyakit ini yang mendapat perawatan di sana.

Pasien difteri yang tengah dirawat di ruang khusus infeksius masing-masing SM (12), berjenis kelamin laki-laki asal Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan, dan NM (15), berjenis kelamin perempuan warga Kisaran, Asahan.

“Keduanya masih dirawat di Ruang Khusus Infeksius Menular,” kata Kepala Instalasi Rawat Inap RSUP H Adam Malik, Mahyu Daniel, Kamis (14/12/2017) melansir Merdeka.

SM mulai dirawat di RSUP H Adam Malik pada 11 Desember 2017. Dia mengalami demam dengan suhu tubuh 37,8 derajat, sulit menelan, dan terdapat selaput putih pada tonsil kanan.

Sementara NM mulai dirawat RSUP H Adam Malik pada 12 Desember 2017. Saat masuk IGD, juga mengeluh sulit menelan dan terdapat selaput putih pada pangkal tenggorokan. Namun suhu tubuhnya hanya 36,8 derajat.

Mahyu menjelaskan, mereka sudah melakukan sejumlah tindakan medis terhadap kedua pasien, seperti pemberian terapi cairan, antibiotik, obat demam dan Ekg. “Lalu, dilakukan swab tenggorokan, cek laboratorium, photo thorax, dan pemberian anti difteri serum,” jelas Mahyu.

Kassubag Humas RSUP H Adam Malik, Masahadat Ginting mengatakan, dua kasus ini bukan yang pertama mereka tangani. Sebelumnya mereka sempat merawat 2 pasien berusia 15 tahun yang juga mengidap difteri. Pasien itu masing-masing berasal dari Deli Serdang dan Langsa.

“Kedua pasien sudah sembuh. Terakhir kami merawat penyakit difteri pada Januari 2017,” ungkapnya.(Red)

Klik Disini Untuk Mendaftar

Baca Juga

3 Pasangan Mesum Terjaring Razia, Sugeng : Sudah Kusetor Bos, Kok Masih Dirazia?

SiantarNews|MEDAN – Tiga pasangan mesum terjaring razia petugas Polsek Percut Seituan saat asik bermesum ria di ...