News Update
Siantar News / Regional / Medan / Gempa Bumi Melanda Madina 5.6 SR
Ilustrasi Gempa

Gempa Bumi Melanda Madina 5.6 SR

SiantarNews|Medan,-Provinsi Sumatera Utara kembali diguncang gempa bumi tektonik. Kali ini, gempa bumi melanda Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dengan kekuatan 4.6 Skala Richter (SR), Sabtu (6/5/2017) pukul 17:21.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan menjelaskan, gempa bumi tersebut terjadi dengan posisi episenter pada koordinat 0,71 LU dan 99,56 BT, tepatnya di darat pada jarak 21 Km Tenggara dari Madina, Provinsi Sumut, kedalaman 10 Km.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini turut dirasakan di Penyabungan, Kabupaten Madina dengan intensitas gempa bumi I SIG-BMKG (I-II MMI). Namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan.

“Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I, gempabumi ini berada pada zona sesar besar Sumatera segmen angkola, dari kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempa bumi dangkal,” tutur Syahnan.

Dia juga menjelaskan, kekuatan gempa bumi ini tidak terlalu besar, sehingga diharapkan tidak sampai menimbulkan kerusakan. Untuk itu, kepada masyarakat mereka mengimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi dari BBMKG.

“Khusus masyarakat di daerah pesisir Pantai Barat Sumatera Utara dan sekitarnya diimbau agar tidak terpancing isu mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” tegas Syahnan mengakhiri.(snw|gs)

Baca Juga

Ada Prosesi Potong Kerbau di Nikahan Kahiyang di Medan, Ini Maknanya

SiantarNewslMedan,-Rangkaian acara adat Mandailing di pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Medan akan dilanjutkan pada Jumat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!