Siantar News / Regional / Medan / Fly Over Kampunglalang Ditunda, Kebut Proyek Tol Medan-Binjai Tahun Ini
Jalan tol Trans Sumatera Medan-Binjai.

Fly Over Kampunglalang Ditunda, Kebut Proyek Tol Medan-Binjai Tahun Ini

SiantarNews|Medan,-Keinginan pembangunan Fly Over Kampunglalang yang dimohonkan Pemko Medan, tidak akan bisa terealisasi dalam waktu dekat ini.

Hal itu dikarenakan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), ingin mengebut penyelesaian pembangunan jalan tol Medan-Binjai pada tahun ini.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Medan, Wiriya Alrahman, mengatakan sejauh ini pihaknya belum ada lagi mendengar kabar kelanjutan pembangunan proyek Fly Over Kampunglalang itu

“Sampai saat ini memang ada penundaan, informasinya untuk mengejar pekerjaan tol Medan-Binjai. Karena kalau itu (tol Medan-Binjai) tempo hari tidak jadi, maka Fly Over Kampunglalang lah yang difokuskan,” ujarnya kepada Sumut Pos (Jawa Pos Group), Minggu (7/5).

Menurut Wiriya, sesuai target pemerintah pusat, pembangunan ruas jalan tol Medan-Binjai dan Medan-Kualanamu-Tebingtinggi, jadi prioritas untuk dituntaskan tahun ini. Setidaknya pada saat lebaran nanti, masyarakat sudah bisa merasakan dampak dari pembangunan tersebut.

“Apalagi Presiden Jokowi kan sudah katakan dalam beberapa waktu yang lalu, bahwa ruas jalan tol tersebut (Medan-Binjai dan Medan-KNIA-Tebingtinggi), menjadi di antara ruas tol yang bisa dilewati gratis oleh masyarakat di saat Lebaran nanti. Mungkin pelaksana proyek ingin merealisasikan amanah presiden ini,” ungkapnya.

Mantan Kepala BPPT Kota Medan ini juga menambahkan, pertimbangan pemerintah pusat tidak melanjutkan perencanaan pembangunan Fly Over Kampunglalang saat ini, dikarenakan khawatir masyarakat yang memanfaatkan ruas tol Medan-Binjai nanti akan berkurang.

Sedangkan aspek lainnya, kata Wiriya, kehadiran tol Medan-Binjai akan dapat mengurai kemacetan di kawasan dari Kampunglalang sendiri.

“Iya, itu juga pertimbangannya. Makanya akan difokuskan pada ruas tol Medan-Binjai. Apalagi nanti dari ruas tersebut, persisnya di Jalan Sei Semayang akan dibuat pintu (gate) tol juga,” katanya.

Selain pengusulan pembangunan Fly Over Kampunglalang, Pemko beberapa tahun yang lalu juga meminta agar pusat membangun Fly Over Pondok Kelapa dan Fly Over Aksara. Wiriya membenarkan soal usulan ini, namun mengenai pembatalan pembangunan Fly Over Kampunglalang  sampai kini belum ada tindak lanjut.

“Termasuk juga yang di daerah Pondok Kelapa, belum ada informasi lanjutan. Yang di Aksara saya belum bisa komentari, karena akan pelajari dulu rencana sebelumnya seperti apa. Intinya karena terfokus pembangunan tol Medan-Binjai, Fly Over Kampunglalang masih tertunda saat ini,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pengadaan Tanah Kota Medan pada Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang (DPKP2R), Selamet Riadi. Menurutnya, sampai saat ini belum ada kabar lanjutan dari pemerintah pusat soal proyek tersebut.

“Belum ada lagi kabar sama kami. Tempo hari memang ada dua rencana pembangunan fly over, yakni Kampunglalang dan Pondok Kelapa. Tapi informasi dari PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) terkait mengenai kelanjutannya. Termasuk kapan pembebasan lahan akan dilakukan, belum ada sampai sekarang,” jelasnya.

Pihaknya, diakui Selamet, juga tidak dilibatkan dalam hal mendukung kelancaran proyek jalan tol Medan-Binjai. “Menurut aturan, kalau pembebasan lahan diatas 5 hektare menjadi wewenang pemerintah provinsi. Makanya kami tidak dilibatkan,” katanya.(jpnn)

Baca Juga

Jokowi Kembali Lakukan Aksi blusukan Dadakan ke Pasar Aksara Medan

SiantarNewslMedan,-Presiden Jokowi kembali melakukan aksi blusukan dadakan di Medan. Dalam perjalanan menuju Bandara Kuala Namu ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!