News Update
Siantar News / Regional / Medan / Daftar JKN-KIS dan BPJS Kini Bisa Via Telepon

Daftar JKN-KIS dan BPJS Kini Bisa Via Telepon

SiantarNews|Medan,-Kepala Unit Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Utama Medan, Supriyanto Syaputra menegaskan bagi masyarakat yang akan mendaftarkan diri sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehata, pihaknya kini telah membuka layanan pendaftaran bagi peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau mandiri melalui telepon.

“Kini calon peserta tidak perlu mengantri di kantor BPJS Kesehatan lagi. Cukup menghubungi 1500-400 saja,” ungkap Supriyanto di dampingi Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan, Muliany saat temu pers di Aula BPJS Kesehatan, Senin (15/05/2017).

Supriyanto menjelaskan, sebelum mendaftar melalui via telepon tersebut, peserta perlu mempersiapkan nomor kartu keluarga, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Rekening Tabungan (BRI/BNI/Mandiri), nomor handphone, alamat domisili (untuk pengiriman kartu) dan alamat email.

Setelah syarat siap, calon peserta bisa menghubungi care center 1500-400 yang akan dilayani agent care center, lalu rekaman pembicaraan akan menjadi bukti pendaftaran.”Setelah pendaftaran selesai, nomor Virtual Account (VA) akan dikirim ke nomor ponsel atau email calon peserta. Setelah itu, peserta diwajibkan membayar iuran pertama dalam rentang waktu 14-30 hari ke bank dan dengan mekanisme autodebet untuk pembayaran selanjutnya. Setelahnya, baru BPJS Kesehatan akan mengirim kartu peserta JKN-KIS ke alamat yang telah di informasikan saat mendaftar,” jelasnya.

BPJS Kesehatan care center 1500-400 juga disediakan layanan dokter. Melalui metode teleconsulting, peserta JKN-KIS dapat melakukan konsultasi kesehatan kepada dokter umum yang siap memberikan informasi kesehatan yang dibutuhkan.”Pendaftaran ini sudah bisa dilakukan sejak 1 Maret. Namun dari 127 kantor cabang seluruh Indonesia, baru hanya di 25 kantor saja yang sudah bisa terlayani, dan salah satunya di Medan. Sedangkan sisanya, nantu pada 1 juli mendatang,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan, Muliany menambahkan, bahwa tahun 2016, tingkat kepuasan peserta sudah cukup tinggi di angka 78,6%. Di tahun ini, BPJS Kesehatan menargetkan angka kepuasan bisa mencapai 80%.

“Oleh karenanya berbagai inovasi dan terobosan dilakukan untuk memenuhi target tersebut. Selain pendaftaran melalui 1500-400, dikembangkan juga pendaftaran melalui sistem dropbox di Kantor BPJS, kelurahan, kecamatan serta melalui mitra kerja, seperti mall,” pungkasnya.(BS)

Baca Juga

Ada Prosesi Potong Kerbau di Nikahan Kahiyang di Medan, Ini Maknanya

SiantarNewslMedan,-Rangkaian acara adat Mandailing di pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Medan akan dilanjutkan pada Jumat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!