Siantar News / Regional / Medan / Besok Kahiyang Bakal Ditabalkan Marga Siregar, Begini Ceritanya
Persiapan resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Graha Saba Buana, Surakarta, Senin 6 November 2017.

Besok Kahiyang Bakal Ditabalkan Marga Siregar, Begini Ceritanya

SiantarNews|Medan,- Pada Selasa (21/11/2017) esok hari,  putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu akan ditabalkan marga Siregar di kediaman paman Bobby Jalan Suka Tangkas no 17, Kel. Suka Maju, Kec. Medan Johor. 

Paman Muhammad Bobby Afif Nasution, Doli Sinomba Siregar mengungkapkan kenapa Kahiyang Ayu harus disematkan marga Siregar. Karena menurut dirinya pemberian marga (mangalehan marga) dilakukan karena Bobby mempersunting gadis diluar etnis Mandailing. 

“Makanya, agar bisa digelar dengan pesta adat, Kahiyang harus diberi marga. Kita harapkan bobby ini dibesarkan secara adat. Tentunya, bila seorang pengantin mengambil boru atau istri. Karena Kahiyang bersuku jawa tentunya kita bertanggung jawab memberikan marga,” ucapnya saat ditemui di kediamannya Jalan Suka Tangkas, Senin (20/11). 

Kahiyang Ayu akan diberi marga Siregar karena marga inilah marga ibunda Bobby yang disapa Kahiyang sebagai Namboru atau lbu Mertua. Dengan kata lain agar jelas kedudukan Kahiyang dalam lembaga adat Dalian Na Tolu dan martutur. 

ltulah sebabnya acara pemberian marga ini diadakan di rumah Doli Sinomba Siregar, tulang atau kakak laki-lakinya ibundanya Bobby. 

“Kebetulan saya tulangnya. Makanya saya bertanggung jawab memberikan marga untuk mempelai wanita,” ungkap Doli. 

“lnti acara pada kegiatan ini ialah keluarga Bobby memohon kepada keluarga pihak Ibu Bobby (bermarga Siregar) agar berkenan memberi marga Siregar kepada Kahiyang Ayu,” pungkasnya.(Rey|Mtc)

Baca Juga

Pasca Jalan Putus, Penyebrangan Tiga Ras-Samosir Mulai Beroperasi Normal

SiantarNews|Samosir,- Samosir-Penyeberangan jalur danau dari Pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir menuju Tigaras (Kabupaten Simalungun) dan sebaliknya, telah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!