Siantar News / Nusantara / Wisata Religi Tempat Pendaratan Pertama Injil di Tanah Papua Dikembangkan di Palau Mansinam Manokwari
Gereja Pengharapan di Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat
Gereja Pengharapan di Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat

Wisata Religi Tempat Pendaratan Pertama Injil di Tanah Papua Dikembangkan di Palau Mansinam Manokwari

SiantarNews|Manokwari – Badan Penelitihan dan Pengembangan Daerah (Balitbang) Provinsi Papua Barat mengkaji pengembangan wisata religi di Pulau Mansinam, Kabupaten Manokwari.

“Sebab pembangunan spiritual di Tanah Papua tidak terlepas dari keberadaan Pulau Mansinam,” kata Kepala Balitbang Papua Barat Charley Heatubun di Manokwari, Rabu, 29/11.

Pulau yang berada tak jauh dari jantung kota Manokwari ini merupakan saksi sejarah peradaban di tanah Papua. Pulau Mansinam adalah tempat pendaratan pertama Injil di Tanah Papua yang dibawa dua orang Missionaris asal Belanda dan Jerman, yakni Carl Wiliam Ottow dan Johan Goltlob Geissler.

Pemerintah pusat, kata Chrley, telah memulai pembangunan di pulau tersebut. Fasilitas yang mulai dibangun, antara lain jalan, jembatan, fasilitas pendidikan, kesehatan dan perumahan warga setempat.

PLN juga telah membangun sarana pendukung untuk mencukupi kebutuhan listrik di pulau tersebut. Kini layanan listrik di pulau ini sudah berlangsung 24 jam nonstop.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, kata Charley, menginginkan agar pulau tersebut dikelola maksimal melalui konsep pengembangan pariwisata. Kesejahteraan masyarakat pulau bisa meningkat.

Charley mengingatkan masih ada sejumlah fasilitas lain perlu dibangun. “Fasilitas ini memiliki peran strategis secara sosial dan budaya.”.(Antara)

Klik Disini Untuk Mendaftar

Baca Juga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

34 Anak di Jakarta Utara terkena gizi buruk

SiantarNews|Jakarta,-Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, M Helmi mengatakan ada 34 anak yang menderita gizi ...