News Update
Siantar News / News Sumut / Warga Sekitar PT TPL Ngadu Ke Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ada Apa?
Puluhan perwakilan warga Desa Lumban Manurung dan Desa Tangga Batu I Kecamatan Parmaksian Kabupaten Toba Samosir mendatangi kantor dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Toba Samosir di Balige pada Senin (7/5) siang.

Warga Sekitar PT TPL Ngadu Ke Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ada Apa?

SiantarNews|Tobasa: Puluhan perwakilan warga Desa  Lumban Manurung dan Desa Tangga Batu I Kecamatan Parmaksian Kabupaten Toba Samosir mendatangi kantor dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Toba Samosir di Balige pada Senin (7/5) siang.

Mereka  melaporkan pengelolaan limbah perusahaan PT TPL tbk kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (KLHK) yang diduga mengganggu aktifitas warga sekitar.

Warga sekitar merasa terganggu dengan kegiatan perusahaan penghasil Pulp mengenai keberadaan lokasi limbah yang hanya berjarak 10 meter.

Menurut Hotmanontong Siahaan salah seorang warga, bahwa perusahaan tidak memperhitungkan jarak lokasi penumpukan limbahnya dengan pemukiman penduduk. Warga sekitarpun mengaku tidak dilibatkan dalam perencanaan pengelolaan limbahnya.

“Warga sekitar perusahaan sudah sejak Agustus 2017 melayangkan surat prostes kepada manajemen perusahaan agar meninjau kembali lokasi landfillnya. Namun sebaliknya pihak perusahaan menawarkan biaya kompensasi kepada warga sekitar. Wargapun menolak dan tidak satupun warga mau menerima dana kompensasi tersebut,” ucapnya.

Menurut Hotmanontong Siahaan, perusahaan dan warga sekitar sudah sering melakukan dialog tanpa ada kesepakatan. Warga berkeras menuntut agar lokasi landfillnya dipindahkan. Sebelumnya, satu lokasi di tempat berbeda di dalam perusahaan sudah penuh.

Warga sekitar protes kepada perusahaan karena diduga akan mengakibatkan air bor yang digunakan setiap akan tercemar. Setiap harinya warga menggunakan air yang berasal dari sumur bor dan ada pula yang menggunakan PAM (Perusahaan Air Minum )  untuk kebutuhan sehari-hari.

Hingga berita ini diturunkan, warga masih melakukan pertemuan dengan pihak kementerian lingkungan hidup dan Kehutanan. (mtc)

Klik Disini Untuk Mendaftar

Baca Juga

2 Pemuda Pembunuh Kasir Murni Sitorus Menyesal dan Teringat Keluarga

SiantarNews|MEDAN – Pelaku pembunuhan terhadap rekan kerjanya, Ramadhani alias R (17), ternyata sempat minum-minuman keras merek ...