News Update
Siantar News / News Sumut / Tobasa Raih Penghargaan Pengelola Kepegawaian Terbaik
PENGHARGAAN: Bupati Tobasa didampingi Wakil Bupati, Plt Sekda, Kepala BKD menunjukkan penghargaan atas capaian meraih penghargaan BKN Award 2017 sebagai pengelola kepegawaian terbaik tingkat kabupaten/kota Tipe-B se-Indonesia.

Tobasa Raih Penghargaan Pengelola Kepegawaian Terbaik

SiantarNews|Balige,-Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Pemkab Tobasa) meraih penghargaan BKN Award 2017 sebagai pengelola kepegawaian terbaik tingkat kabupaten/kota Tipe-B se-Indonesia.

Penghargaan itu diterima saat Rapat Koordinasi Nasional Kepe­gawaian Seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah se-Indonesia Tahun 2017 yang dibuka Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Selatan pekan lalu.

Atas capaian itu, pemerintah Ppu­sat melalui Kantor Regional VI BKN Medan memberikan kepercayaan kepada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Toba Samosir menjadi satu-satunya daerah pilot project pe­layanan Kenaikan Pangkat Oto­matis (KPO) dan Pensiun Otomatis di Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017.

Sebagaimana diungkapkan Kepa­la BKD Tobasa Drs Kasten Panjitan, ada 9 indikator penilaian pengelolaan kepegawaian dimaksud. Yakni, perencanaan formasi, pelayanan pengadaan, pelayanan pensiun, pelayanan kenaikan pangkat, imple­men­tasi Computer Assisted Test (CAT), dan implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK). Kemudian, penilaian kom­p­e­tensi, implementasi penilaian kinerja, dan komitmen pengawasan serta pengendalian.

Kasten menjelaskan, dalam kepe­mim­pinan Bupati Tobasa Darwin Siagian dan Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus, dalam mewujudkan visi dan misi Tobasa Hebat di bidang pelayanan kepegawaian, BKD Toba­sa terus berbenah, termasuk dalam penguatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui pembenahan sistem kepegawaian yang baik.

Aplikasinya, dengan sistem ma­nual menuju sistem berbasis online, memaksimalkan pelayanan kepe­ga­waian dengan memanfaatkan tekno­logi informasi (TI). Salah satunya adalah Sistem Manajemen Kepe­gawaian (SIMPEG), aplikasi data­base induk pegawai yang meliputi ri­wayat pendidikan, keluar­ga, gaji, diklat, dan sebagainya. De­ngan be­gitu, semua sudah tersistem, katanya.

Dijelaskan, langkah-langkah lainnya dalam hal pembenahan diantaranya, pelayanan kenaikan pangkat dilakukan secara Otomatis (KPO), mencanangkan Implementasi Computer Assisted Test (CAT), pela­yanan kepegawaian berbasis SMS Gate­way, implementasi Sistem Apli­kasi Pelayanan Kepegawaian (SA­PK), penerapan e-Kinerja dalam hal e-SKP (Sasaran Kinerja Pega­wai).

Selain itu, ada penilaian kompe­ten­si, implementasi penilaian kinerja, dan komitmen pengawasan dan pengendalian. Semuanya saling du­kung pada penerapan e-government.

“Saat ini, kita telah memper­siapkan untuk menerapkan E-Kiner­ja. Sistem ini bisa menjamin output kinerja setiap PNS. Pegawai yang menunjukkan kinerja baik akan mendapatkan reward berupa tun­jang­an lebih, demikian pula sebaliknya. Dengan sistem ini, tunjangan PNS diberikan mengacu pada kinerjanya, bukan aspek-aspek nonteknis,” ungkapnya sambari menyebutkan kiranya setelah mendapat penghar­gaan BKN Award 2017 semakin memacu kinerja yang lebih baik dari para pejabat/PNS di Kabupaten Tobasa.

Diketahui dalam siaran pers BKN, sebagai bentuk apresiasi terhadap pengelola kepegawaian pusat dan daerah, BKN memberikan penghar­gaan melalui ajang BKN Award bagi pengelola kepegawaian terbaik.

Untuk tingkat kabupaten/kota Tipe-A, BKN Award 2017 diraih oleh Kabupaten Banggai, Kabupaten Bayuwangi, Kota Semarang, Kota Sorong dan Kota Ternate. Sedang ting­­kat Kabupaten/Kota Tipe-B, BKN Award 2017 diraih oleh Kota Ban­da Aceh, Kota Bantaeng, Kabu­paten Buleleng, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Tobasa.(analisa)

Baca Juga

Gerindra Sumut Gelar Rakorda Konsolidasi Hadapi ‘Tahun Politik’

SiantarNews|Medan,- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sumatera Utara menggelar Rapat Koordinasi Daerah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!