Siantar News / News Sumut / Karo / Sinabung Kembali Erupsi, Kabanjahe Dihujani Debu
(Analisa/istimewa) ERUPSI: Gunung Sinabung erupsi menyemburkan debu terlihat dari Desa Tigapancur, Kamis (9/11).

Sinabung Kembali Erupsi, Kabanjahe Dihujani Debu

Siantarnews|Karo,-Gunung Sinabung Kabu­paten Karo kembali erupsi me­nyemburkan debu dengan tinggi kolom 2.500 meter dan gempa 200 detik sampai 480 detik, sehingga Kota Kaban­jahe dan sekitarnya dihujani debu vulkanik, Kamis (9/11).

Erupsi pertama terjadi pukul 06.11 WIB. Sedang erupsi kedua pukul 11. 22 WIB dengan tinggi kolom debu 2.500 meter dan lama gempa 200 detik.

Informasi  yang diperoleh dari Badan Geologi, PV­MBG pos pengamatan Gu­nung Sinabung di Simpang­empat, Kabupaten Karo.

Pantauan dan informasi dari masyarakat Kecamatan Na­manteran yang terdekat dengan Sinabung, erupsi itu hampir tiap hari terjadi. Masyarakat sudah biasa. Kecuali erupsi yang belum lama ini terjadi dengan tinggi debu mencapai 4.500 meter dan berlangsung dari pagi sampai sore hari, ujar mantan Sekcam Camat Namanteran, Dwikora Sitepu,

Demikian juga masyarakat Kabanjahe menyebut, pukul 09.00 WIB lebih terjadi hujan debu di wilayah Kota Kaban­jahe dan sekitarnya. Hujan debu akibat angin arah ke Ka­­ban­jahe dan Kecamatan Sim­pangempat membawa debu dari erupsi Sinabung.

Mobil-mobil berada di wi­layah Kabanjahe semua terke­na debu dan kaca mobil juga dipenuhi debu sehingga untuk berjalan harus disiram. Begitu juga hala­man rumah, jalan dan areal pertanian dan lokasi perkantoran lainnya dihujani debu vulkanik, sehingga umumnya terlihat memutih, ujar Thomas Tarigan Tua, Dion Purba, pengusaha wa­rung kopi Purba Simpang­enam, Kabanjahe.(lin|analisa)

Baca Juga

Alamak ! Wanita Ini Tega ‘Jual’ Putrinya Usia 13 Tahun Ke Pria Hidung Belang

SiantarNews|Kriminal.- Entah apa yang ada terpikir di benak Meliana (35) warga Dusun Dalan Naman, Kecamatan Kuala, ...