News Update
Siantar News / News Sumut / Peringatan Isra’ Miraj Perkuat Persaudaraan Umat Beragama
Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli bersama Ketua Panitia, Ridwan Saleh Zega serta Kepala Desa Mudik Karsani Aulia Polem

Peringatan Isra’ Miraj Perkuat Persaudaraan Umat Beragama

SiantarNews|Gunungsitoli-Pemerintah Kota Gunungsitoli menggelar acara Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1438 H / 2017 M, bertempat di Masjid Agung Mudik-Gunungsitoli, Minggu, (25/4/2017).

Ketua Panitia, Ridwan Saleh Zega dalam laporannya menyampaikan bahwa acara Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1438 H / 2017 M dilaksanakan dengan tujuan memperingati hari besar Islam sebagai suatu peristiwa yang harus diimani oleh setiap umat muslim.

“Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW juga sebagai momentum untuk memaknai peristiwa yang mana sejarah diwajibkannya seorang muslim melaksanakan Rukun Islam Kedua yakni mendirikan sholat 5 Waktu sehari semalam. Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai sarana memperkokoh ukhuwah islamiyah baik antar sesama kaum muslimin, maupun dengan dengan Pemerintah Kota Gunungsitoli”, terangnya.

Selanjutnya, mewakili Kemenag Kota Gunungsitoli, Ermansyah Polem dalam sambutannya menyampaikan bahwa momen Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1438 H / 2017 M yang dimaknai sebagai transformasi spiritual yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan transformasi sosial yaitu untuk mengajak setiap Mukmin untuk dapat mengubah kesalahan menjadi kesalehan dalam rangka menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

“Tugas pokok Kementerian Agama adalah membina ummat untuk menyadari bahwa esensi Isra’ Mi’raj diharapkan dapat mengembangkan kerukunan beragama di Kota Gunungsitoli dengan tetap menjaga nilai-nilai Islam, yang mana terjaga nya dan kokohnya nilai keagamaan merupakan unsur perekat integrasi nasional, maka toleransi adalah milik semua golongan dan berlaku untuk semua pemeluk agama, dalam upaya melindungi persatuan dan kesatuan warga Kota Gunungsitoli yang multi agama dan multi etnis. Ia mengajak untuk mensyukuri setiap anugerah Allah SWT serta meningkatkan solidaritas dan kepedulian sosial”, ungkapnya.

Sementara itu, penceramah tunggal pada acara Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1438 H / 2017 M, Al-Mukarrom Al-Ustadz KH. Misbahul Munir Cholil, MA yakni pengasuh Pondok Pesantren Al-Misbah Jakarta menyampaikan bahwa peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan ujian keimanan bagi ummat Muslim dalam mengimani kekuasaan Allah SWT dan kenabiyan Rasulullah SAW, yang mana esensi keimanan tersebut tidak hanya mengikrarkan dalam Qalbu dan Lisan namun pembuktian dalam amal perbuatan,

“Berdasarkan di dalam Al-Qur’an yang berbunyi “Innassholaata tanha ‘anil fahsya’ wal munkar”, dimana artinya sesungguhnya Sholat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. yang pastinya mempengaruhi kehidupan sehari-hari dari seorang Mukmin itu sendiri,”ujarnya.

Walikota Gunungsitoli dalam arahannya menyampaikan ucapan selamat datang di Kota Gunungsitoli kepada Al-Ustadz KH. Misbahul Munir Cholil, MA sebagai penceramah dalam acara Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1438 H / 2017 M, semoga taushiyah yang diberikan dapat memberi hikmah dan menggugah setiap hadirin dalam memaknai Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1438 H / 2017 M ini dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat.

“Kita berharap momen Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1438 H / 2017 M ini dapat mempererat sifat teguh pendirian serta meneladani perjuangan Nabi muhammad SAW dalam meningkatkan akhlak mulia, memperkuat persaudaraan diantara ummat beragama, TNI/Polri, para Ulama, dan Pemerintah Kota Gunungsitoli sendiri sehingga memberi dampak positif dalam rangka mendukung program kebijakan Pemerintah Kota Gunungsitoli dalam menjadikan Kota Gunungsitoli yang maju, nyaman dan berdaya saing”, ucap Walikota. (Ganda|PIS|DAR)

Baca Juga

Truk Seruduk Rumah, Dimaafkan Pemilik dan Dikasih Makan, Eh Supir Ini Mencoba Lari

SiantarNews|Peristiwa,- Truk  pengangkut sampah BK 8107 J yang dikemudikan Suhendri (21) warga Lingkungan I Paya Pasir ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!