Siantar News / News Sumut / Pemkab Nias Barat Gelar Pelantikan Panitia Pilkades Serentak 2017
Pelantikan Panitia Pilkades 2017 Nias Barat

Pemkab Nias Barat Gelar Pelantikan Panitia Pilkades Serentak 2017

SiantarNews|Nias Barat,- Pemkab Nias Barat laksanakan Pelantikan Panitia Pemilihan Kepala Desa ( PilKades ) Serentak dan Sosialisasi Tata Cara Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak pada  Senin, (31/07) bertempat Tokosa Hall Onolimbu Lahomi Kabupaten Nias Barat. Hadir di acara tersebut Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd didampingi Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu .

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Nias Barat (Sozisokhi Hia, SH) menjelaskan, bahwa dasar pelaksanaan kegiatan tersebut adalah (1) UU No 6 Tahun 2014 ttg Pemerintah Desa (2) PP No. 43 Tahun 2014 (4) Permendagri No 112 Tahun 2014 (5) Perda No.2 Tahun 20170 (6) Perbup No. 5 Tahun 2017 tentang aturan pelaksanaan peraturan pelaksanaan tata cara pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2017 Kabupaten Nias Barat.

Selanjutnya dalam sambutan Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu berpesan agar panitia bekerja dengan baik dan professional dalam tugas.

“Saya mengharapkan kepada Panitia yang akan dilantik hari ini agar bekerja dengan  baik serta sanggup menunjukkan profesionalisme dan independensi, sehingga pelaksanaan Pilkades serentak berjalan dengan baik,”Ujarnya.

Lebih lanjut Wakil Bupati berpesan agar semua pihak bijaksana dalam menyelesaikan segala masalah dan menghindari gesekan dan mampu untuk legowo dalam menerima hasil.

“Jika ada masalah dalam pelaksanaan tahapan pilkades ini nanti, maka bijaksanalah dalam menyelesaikan supaya tidak terjadi gesekan- gesekan dan konflik yang tidak di inginkan, demikian juga kepada peserta pilkades nanti, supaya berkompetisilah dengan sportif dan apapun hasilnya nanti maka legowo dan terima apapun kenyatan yang ada,” tambahnya.

Bupati dalam pesannya menambahkan bahwa ada tiga agenda Nasional dan daerah yang harus kita sukseskan yakni pertama Pilkades Serentak khusus Kabupaten Nias Barat untuk 105 desa yang di gelar 15 Nop 2017, yang kedua Pilgubsu yg di gelar bulan Juni 2018 dan Pileg & Pilpres yang di gelar bulan April 2019.

“Kalaulah hari ini kita laksanakan sosialisasi Tata Cara Pemilihan Kepala Desa Secara Serentak, maka kita telah mengikuti kepatuhan aturan dan legalitas dlm pelaksanaannya, tentu secara profesional, akuntabel dan menjaga netralusasi penyelenggara,” papar Bupati.

Labih lanjut disampaikannya,”Pilkades adalah wadah kedaulatan rakyat yang tidak boleh ternodai berazaskan hak mutlak masyarakat yg tidak bisa diwakilkan. Oleh karenanya, kepada panitia jaga jati diri dan jangan terpengaruh terhadap issu yg tidak bisa dipertanggung-jawabkan kebenarannya, sehingga apa yg menjadi tujuan kita adalah masyarakat kuat, utuh dan berdaya dpt terwujud. Pilkades serentak ini kita harapkan menghasilkan pemimpin-pemimpin di tingkat desa yg berkualitas, elegant dan mampu menjadi perekat dan penyejuk ditengah-tengah  masyarakat desa,” ujar Bupati  mengakhiri sambutannya.(Efrizal caniago)

Baca Juga

Diduga Selang Bocor, Kebakaran Nyaris Hanguskan Butik Milik Istri Walikota

SiantaraNews|Peristiwa,- Dua unit rumah semi permanen di jalan Sei Batang Serangan lingkungan 11 kelurahan Babura kecamatan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!