Siantar News / News Sumut / Paskah Nasional di Samosir Direncanakan Dihadiri Presiden Jokowi
Persiapan Paskah Nasional di Samosir

Paskah Nasional di Samosir Direncanakan Dihadiri Presiden Jokowi

SiantarNews| Samosir, Paskah Nasional akan diselenggarakan selama 2 hari kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. Acara pembukaan Paskah Nasional akan berlangsung tanggal 27 April 2018 di Sigulatti Kecamatan Sianjur Mula-mula, kabupaten Samosir dan direncanakan akan dihadiri oleh Presiden RI Jokowi Widodo, sedangkan acara penutupan dilaksanakan di Kabupaten Tobasa tanggal 28 April 2018.

Informasi ini diperoleh pada acara Rapat persiapan pelaksanaan Paskah Nasional Tahun 2018 yang dipimpin langsung Ketua Umum, Brigjen TNI (Purn) Dr. Hj. Nurhajizah Marpaung, SH. MH ( Wakil Gubernur Sumatera Utara), Sabtu (07/04) di aula Kantor Geopark Kaldera Toba, Sigulatti Kecamatan Sianjur Mula-mula, Samosir.

Turut hadir dalam rapat, Bupati dan Wakil Bupati Samosir, Kejari Samosir, Pabung 0210/TU, Wakapolres Samosir, Sekda, Panitia Paskah Nasional Provinsi Sumater Utara, panitia paskah lokal (Samosir), beberapa pimpinan OPD, serta tokoh agama.

Salah satu kegiatan yangvakan digelar dalam Perayaan Paskah Nasional adalah Kirab Obor Paskah yang akan tiba di Samosir tanggal 26 April 2018, setelah menyinggahi beberapa kota di Indonesia. Obor Paskah akan disambut masyarakat Samosir dengan tarian (tortor) yang dilakonkan ribuan orang hingga dapat disebut tarian terpanjang di dunia.

Dikabarkan, usai rapat persiapan, Wakil Gubernur selaku Ketua Umum Paskah Nasional melakukan peninjauan lokasi di kawasan gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba, Sigulatti.

Sementara itu, Bupati Samosir Rapidin Simbolon melalui akun Whatsapp menyampaikan kepada media, bahwa sekarang ini Panitia lokal Samosir dan jajaran Pemkab sedang giat kerja keras untuk membenahi lokasi acara.

“Samosir mempersiapkan diri sbg salah satu daerah yang menjadi tuannrumah dalam perayaan Paskah Nasional yang direncanakan dihadiri oleh Bapak Presiden. Pemkab Samosir bekerjasama dgn Kementerian PUPR untuk menata kawasan Geopark Kaldera Toba..sbg tempat dilaksanakannya Paskah Nasional,” tulisnya menginformasikan.

Di kawasan gedung Geopark, Sigulatti memang terlihat banyak alat berat yang sengaja dikerahkan untuk membenahinya menjadi lokasi perayaan. Lokasi ini berada di punggung Pusuk Buhit dan dikelilingi lembah Limbong Sagala, pemukiman dan persawahan penduduk.

Kawasan ini dikenal sebagai tempat bermukimnya leluhur orang Batak ditandai dengan adanya situs adat budaya dan perkampungan. Pihak Pemda sendiri menetapkan kawasan ini sebagai destinasi wisata kultural.

Menurut Bupati, ditetapkannya kawasan ini menjadi lokasi penyelenggaraan Paskah Nasional terkait dengan pengembangan kawasan Danau Toba sebagai bagian Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Juga ditetapkannya kawasan Geopark KalderaToba yang tahun ini diusulkan ke Unesco GGN.

“Barangkali moment ini sangat penting buat kita, yang mempunyai dampak thdp pengembangan kawasan ini menjadi Taman UNESCO…Mari kita dukung bersama,” sebut Rapidin Simbolon.(Rey|Kabarindo)

Klik Disini Untuk Mendaftar

Baca Juga

Kapal Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang Tenggelam, Wakapolres Masih Hilang

SiantarNews|Medan – Pencarian korban tenggelamnya kapal rombongan Kapolres Labuhanbatu, Sumatera Utara, terus dilakukan. Wakapolres Labuhanbatu yang ...