News Update
Siantar News / News Sumut / Kepala Desa Ini Tak Ngerti Aturan
Faozanolo Amazihono SPd

Kepala Desa Ini Tak Ngerti Aturan

SiantarNews|Nisel-Sebagai perangkat pemerintahan daerah Nias Selatan di tingkat desa, Faozanolo Amazihono SPd selaku Kepala Desa Hilindraso Raya, tidak memahami aturan terkait pengangkatan perangkat desa (kepala dusun). Padahal, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa pada pasal 65 ayat 1a disebutkan bahwa perangkat desa berpendidikan paling rendah sekolah menengah umum atau yang sederajat

Ketua Badan Permusyarawatan Desa (BPD) Hilindraso Raya Lauamati Buulolo saat dikonfirmasi, Sabtu (5/11/2016) menyatakan, pergantian kepala desa yang semula dijabat seorang Pegawai Negeri Sipil sebagai pelaksana tugas telah dilaksanakan pergantian pada bulan Agustus 2016 lalu. Saat ini kata dia, kepala desa di kampungya berasal dari Kantor Camat Toma, Kepala Seksi (Kasi) PMDK dan kini merangkap jabatan menjadi Kepala Desa.

Dikatakan, pengangkatan aparat desa dilaksanakan pada tanggal 1 September 2016. Dari situ terungkap, Sekretaris Desa (Sekdes) dan 3 (tiga) aparatur lainnya diberhentikan sekaligus. Untuk menggantikannya, diangkat aparatur desa sebanyak 8 (delapan) orang. “Salah satu dari delapan aparatur desa itu yaitu Kepala Dusun 2 berpendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP),” beber Laumati Buulolo.

Di tempat terpisah, Camat Toma Suar B. Maduwu.S.Sos dikonfirmasi di ruang kerjanya beberapa waktu yang lalu, tidak menampik bahwa Kepala Dusun 2 (Kadus) tamatan SMP dan membenarkan isi dari PP 43.  Hanya saja, ia berdalih, pengangkatan Kepala dusun itu sudah dilakukan secara musyawarah aparatur desa setempat. Bahkan kata dia, jabatan kepala dusun tidak mungkin diberikan kepada kaula muda karena berhadapan dengan masyarakat banyak.

Kepala Desa Hilindraso Raya, Faozanolo Amazihono SPd hingga seminggu lamanya belum berhasil diminta keterangan. Bahkan ketika sujumlah awak media mendatangi ke kantornya, ia tetap saja mengelak. (tim)

 

Baca Juga

Truk Seruduk Rumah, Dimaafkan Pemilik dan Dikasih Makan, Eh Supir Ini Mencoba Lari

SiantarNews|Peristiwa,- Truk  pengangkut sampah BK 8107 J yang dikemudikan Suhendri (21) warga Lingkungan I Paya Pasir ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!