News Update
Siantar News / News Sumut / Karo / Gempa Tektonik Terus Guncang Karo, BMKG Catat 9 Kali Dalam Sebulan
Ilustrasi Gempa

Gempa Tektonik Terus Guncang Karo, BMKG Catat 9 Kali Dalam Sebulan

Siantarnews|Karo,-Gempa tektonik kembali terdeteksi di Kabupaten Karo, Sumut, Rabu (1/11). Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan mencatat gempa serupa 10 kali terjadi di kawasan ini dalam sebulan terakhir.

“Dalam kurun sebulan ada 9 kali gempa. Terbesar 4,3 SR,” kata Syahnan, Kabid Data dan Informasi BBMKG Wilayah I Medan.

Gempa teranyar dengan kekuatan 3,5 SR terdeteksi terjadi pada pukul 10.39:39 Wib. Pusatnya 5 Km arah Tenggara Karo. “Kedalaman gempa 10 Km. Gempa dirasakan di Kabanjahe dengan skala intensitas I-II SIG atau II-III MMI,” kata Syahnan.

Sehari sebelumnya, Selasa (31/10) pagi sekitar pukul 07.31 Wib, gempa tektonik lebih kuat terjadi di kawasan Karo. BMKG mencatat kekuatannya mencapai 4.3 SR.

Getaran gempa kemarin juga dapat dirasakan di Kabanjahe dan Berastagi. Pusat gempa berada pada koordinat 3.13 LU dan 98.46 BT, tepatnya pada jarak 21 Km arah Timur Laut Karo, pada kedalaman 10 Km.

BBMKG Wilayah I Medan menyatakan, gempa bumi ini berada pada zona sesar lokal di sekitar Karo. Mereka menyatakan gempa ini merupakan jenis gempa bumi tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi.

Gempa ini dinyatakan berbeda dan tidak terkait dengan gempa yang dipicu aktivitas vulkanik Gunung Api Sinabung. “Karena gempa vulkanik di permukaan, sementara gempa tektonik di kedalaman. Jadi memang terpisah. Pengamatannya juga terpisah. Aktivitas gempa tektonik ini tidak ada kaitan dengan gempa vulkanik,” jelas Syahnan.

Syahnan mengimbau masyarakat di kawasan Karo dan sekitarnya tetap tenang dan tidak terpengaruh isu-isu yang tidak bertanggung jawab terkait gempa ini. Warga diminta tetap memedomani arahan pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempa bumi dari BMKG.(lin|mrdk)

Baca Juga

Jasad Mr X Membusuk Disungai, Leher dan Kaki Serta Tangan Korban Dijerat Pakai Nilon

SiantarNews|Kriminal,- Jasad pria tanpa identitas (Mr X) memakai anting pada telinga sebelah kiri ditemukan tewas ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!