News Update
Siantar News / News Sumut / Karo / Akun FB Ini Buat Postingan Berita Hoax tentang Sinabung, Polda Kerahkan Tim Siber
Akun FB Milik Mhd Ricky Arfandi

Akun FB Ini Buat Postingan Berita Hoax tentang Sinabung, Polda Kerahkan Tim Siber

SiantarNews|Polda Sumut (Poldasu) melalui Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Dra Rina Sari Ginting memberikan pernyataan terkait postingan status seorang warganet dengan akun bernama Mhd Ricky Arfandi yang memposting foto-foto yang tidak benar atau Hoax.

Foto yang diposting oleh Arfandi tersebut berisikan foto korban yang tertutupi lumpur dan ia berikan keterangan bahwa foto tersebut merupakan korban bencana Erupsi Gunung Sinabung yang terjadi pada Senin (19/02/2018) kemarin.“Korban Bencana Sinabung Semalam, mengerikan Gusy.”, begitu judul keterangan atau caption pada postingan foto yang diupload Ricky Arfandi.

Kabid Humas menerangkan bencana erupsi Sinabung yang terjadi kemarin tidak terdapat korban jiwa dan pihak Kepolisian bersama instansi terkait juga dengan cepat mengevakuasi warga untuk menjauhi zona merah yang dianggap berbahaya untuk ditinggali.“Foto-foto yang diposting akun Ricky Arfandi tersebut tidak benar alias Hoax. Erupsi Gunung Sinabung yang terjadi di Karo tidak menimbulkan korban jiwa,” sanggah Kabid Humas, Rabu (21/02/2018).

Rina menambahkan pihak Kepolisian dan Pemerintah serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Sumatera Utara telah melakukan pendataan ke seluruh desa yang terdampak erupsi Gunung Sinabung di Karo.“Semua rumah sakit di Karo juga telah dicek dan didata, tidak ada ditemukan korban jiwa akibat erupsi Gunung Sinabung tersebut,” jelasnya.

Rina menghimbau kepada warganet untuk tidak langsung percaya dengan postingan yang beredar di media sosial yang tidak valid kebenarannya. Ia menyarankan untuk melakukan cek dan ricek melalui pemberitaan di beberapa media online nasional yang terkemuka yang sudah pasti memberitakan berita yang valid.

“Postingan Hoax tersebut sangat merugikan, khususnya bagi saudara saudara kita yang sedang tertimpa musibah di Karo. Untuk itu Polda Sumut telah mengerahkan Tim Cyber Poldasu untuk melakukan penyelidikan terhadap pemilik akun tersebut karena telah melakukan pelanggaran UU ITE dengan membuat dan menyebarkan berita yang tidak benar,” tegas Rina.

Rina juga menghimbau agar warganet tidak sembarangan menshare postingan atau berita di media sosial yang tidak valid kebenarannya. “Karena perbuatan tersebut juga termasuk berperan menyebarkan Hoax dan melanggar UU ITE,” pungkasnya.(Rey)

Klik Disini Untuk Mendaftar

Baca Juga

2 Pemuda Pembunuh Kasir Murni Sitorus Menyesal dan Teringat Keluarga

SiantarNews|MEDAN – Pelaku pembunuhan terhadap rekan kerjanya, Ramadhani alias R (17), ternyata sempat minum-minuman keras merek ...