News Update
Siantar News / Nasional / Sore Ini, Parpol Yang Lolos ke Tahap Verifikasi Faktual Diumumkan
Ketua KPU Arief Budiman. (Antara)
Ketua KPU Arief Budiman. (Antara)

Sore Ini, Parpol Yang Lolos ke Tahap Verifikasi Faktual Diumumkan

SiantarNews|Jakarta,-Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan partai politik (Parpol) yang bakal lolos ke tahapan verifikasi faktual pasca dilakukan penelitian perbaikan administrasi dari dokumen pendaftaran 14 parpol.

Pengumuman ini, rencananya akan disampaikan Kamis (14/12/2017) hari ini, di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

“Iya, hasil penelitian perbaikan administrasi 14 parpol dan partai yang lolos verifikasi faktual akan diumumkan besok jam 5 sore,” ujar Ketua KPU, Arief Budiman, Rabu (13/12/2017) kemarin.

Menurut Arief, KPU akan mengundang 14 parpol dan memberikan hasil penelitian perbaikan administrasi. Jika secara administrasi, dokumen suatu parpol telah memenuhi syarat, maka parpol tersebut akan melaju ke tahapan verifikasi faktual.

“Kemudian, pada 15 Desember mulai diverifikasi faktual. Itu nanti tergantung masing-masing daerah yah, sebab bisa jadi mulainya ada yang tidak tanggal 15 Desember tapi tanggal 15 Desember itu dimulainya (verifikasi faktual) dan itu berlangsung selama satu bulan,” kata dia seperti dilansir Berita Satu.

Arief mengatakan, ada perbedaan antara partai lama (peserta pemilu 2014) dengan partai baru dalam tahapan verifikasi faktual. Untuk partai baru, kata dia, dilakukan verifikasi faktual di seluruh daerah, tanpa pengecualian.

“Nah, partai lama verifikasi faktual dilakukan di daerah otonomi baru (DOB) atau provinsi baru, kalau mereka lanjut,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, 14 parpol yang nantinya akan menerima hasil perbaikan penelitian administrasi, yaitu Partai Perindo, PSI, PDIP, Hanura, NasDem, PAN, PKS, Gerindra, Golkar, PPP, Berkarya, Demokrat, PKB, dan Garuda.

Sementara, 9 parpol yang kembali bisa mendaftar atas perintah putusan Bawaslu, kata Arief, masih dalam tahapan perbaikan hasil penelitian administrasi. Ke-9 parpol ini belum bisa diverifikasi faktual karena belum waktunya. Karena itu, tutur dia, KPU menyiapkan dua track tahapan verifikasi faktual, yakni untuk 14 parpol dan untuk 9 parpol.

“Iya sama (waktu pengumuman) pada 17 Februari 2018. Hanya verifikasi faktual akan berlangsung dalam dua track sebab start-nya tak sama tetapi ending sama. Durasi yang menjadi haknya parpol tidak kami kurangi, tetapi durasi yang menjadi beban kerja KPU akan kami perpendek,” pungkas dia.

Ke- 9 parpol yang masih dalam tahapan perbaikan penelitian administrasi yaitu, PPPI, PIKA, Partai Bhinneka, Parsindo, Partai Republik, Partai Idaman, PBB, PKPI, dan Partai Rakyat.(Red)

Klik Disini Untuk Mendaftar

Baca Juga

Bom Bunuh Diri Tewaskan Pelaku dan Satu Jemaat Gereja di Ngagel

SiantarNews|Surabaya – Dua orang tewas dalam bom bunuh diri yang terjadi di depan Gereja Katolik Santa ...