News Update
Siantar News / Nasional / Mutasi Besar Besaran Panglima TNI Gatot Nurmantyo Jelang Pensiun, Begini Tanggapan Komisi I
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (Foto: Istimewa)

Mutasi Besar Besaran Panglima TNI Gatot Nurmantyo Jelang Pensiun, Begini Tanggapan Komisi I

SiantarNews|Jakarta,-Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo melalukan mutasi terhadap 85 perwira TNI menjelang masa pensiunnya.

Padahal sebelumnya Komisi I DPR telah mewanti-wanti Panglima TNI agar tidak melakukan mutasi di lingkup TNI jelang pergantian Panglima. Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan, sebagai mitra kerja, Komisi I hanya berkewajiban memberikan saran.

“Kami ini adalah mitra. Sebagai mitra antara DPR dengan pemerintah itu punya kewajiban memberikan saran,” kata TB, sapaan akrabnya, kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (6/12/2017) mengutip Rmol.

Jika saran tersebut tidak dilaksanakan oleh Panglima, menurut TB hal itu diluar urusan Komisi I. TB menyerahkan hal tersebut kembali kepada Presiden dan Pemerintah.

“Kalau saran itu tidak diterima, silakan diselesaikan di internal pemerintahan. Toh, panglima memiliki atasan yakni, presiden. Bisa diselesaikan bersama,” imbuhnya.

Mutasi yang dilakukan Jenderal Gatot diketahui dari surat Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/982/XII/2017 tertanggal 4 Desember 2017. Salinan surat kemudoan ditembuskan kepada Menko Polhukam, Menhan, Kepala BIN, hingga Ketua Mahkamah Agung.

Mutasi jabatan 85 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 46 Pati jajaran TNI Angkatan Darat, 28 Pati jajaran TNI Angkatan Laut, dan 11 Pati jajaran TNI Angkatan Udara. Salah satu yang dimutasi yakni Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi menjadi Perwira Tinggi Mabes TNI AD.

Edy mengajukan pensiun dini untuk maju ke Pilgub Sumatera Utara 2018. Jabatan Edy akan diisi Mayjen TNI Sudirman, yang semula menjabat ASops KSAD.(Red)

Klik Disini Untuk Mendaftar

Baca Juga

Semua Anak Soeharto Jadi Kader Partai Berkarya, Tutut Akan Jadi Jurkam

SiantarNews|Politik,-  Seluruh anak Soeharto resmi masuk Partai Berkarya besutan putra Presiden RI ke-2, Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto). ...