News Update
Siantar News / Nasional / Lapas Pekanbaru Rusuh, Ratusan Tahanan Kabur
Lapas Sialang Bungkuk di Pekanbaru, Riau yang dilanda kerusuhan, Jumat (5/5). Foto: Riau Pos/JPNN

Lapas Pekanbaru Rusuh, Ratusan Tahanan Kabur

SiantarNews|Jakarta,-Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM I Wayan Kusmianta Dusak menjelaskan kronologis kerusuhan yang terjadi di Lapas Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau, Jumat (5/5). Menurutnya, kerusuhan yang mengakibatkan ratusan tahanan kabur itu dipicu tuntutan agar kepala keamanan lapas diganti.

“Informasi awal penyebabnya masalah kepala keamanan. Kepala keamanan kita bermasalah. Itu tuntutan mereka, mereka menuntut kepala keamanannya diganti,” kata Dusak saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (5/5).

Dusak mengatakan, awalnya memang terjadi kerusuhan yang mekibatkan sekitar 50 tahanan di dalam lapas. Perusuh di lapas memanfaatkan momen pembukaan pintu kamar untuk salat Jumat.

Ternyata para tahanan mendobrak pintu samping di lapas. Sedangkan jumlah petugas yang berjaga di pintu itu hanya enam orang sehingga tak bisa membendung desakan para tahanan itu.

Akhirnya, tahanan lainnya memanfaatkan kesempatan itu untuk kabur. “Mereka menjebol pintu samping. Diperkirakan yang melarikan diri seratus sampai dua ratus,” papar Dusak.

Menurut Dusak, petugas lapas yang dibantu pihak kepolisian telah berhasil menangkap kembali sejumlah tahanan. Proses penangkapan para tahanan juga dibantu masyarakat sekitar.

“Sebagian sudah ditangkap oleh petugas kita dan bersama-sama masyarakat. Ada lebih dari 30 orang,” sebutnya.(jpnn)

Klik Disini Untuk Mendaftar

Baca Juga

Mundur dari Partai, Nuruzzaman: Gerindra Pakai SARA demi Kekuasaan

SiantarNews|Jakarta – Mohammad Nuruzzaman mengundurkan diri dari Partai Gerindra karena menganggap Waketum Fadli Zon menghina Katib Aam (Sekjen) ...