Siantar News / Nasional / Buku SD yang Sebut Yerusalem Ibu Kota Israel Akan di Revisi Kemdikbud

Buku SD yang Sebut Yerusalem Ibu Kota Israel Akan di Revisi Kemdikbud

SiantarNews|Jakarta,-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Rabu (13/12/2017) kemarin akan  merevisi buku sekolah elektronik IPS SD Kelas IV yang menuliskan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Revisi tersebut bakal dilakukan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan serta Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud.

“Kami mengambil keputusan dalam rapat bahwa konten yang ada di laman Kemendikbud, kami tarik dahulu. Waktu pengoreksian sudah saya minta hari ini (Rabu). Dalam waktu dekat, Puskurbuk akan menerbitkan revisiannya,” ujar Mendikbud Muhadjir Effendy melalui siaran pers, Kamis (14/12/2017) seperti dilansir Kompas.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, buku yang sudah direvisi sudah bisa diunggah di laman sehingga bisa dijadikan rujukan untuk sekolah dan penerbit,” kata dia.

Menteri Muhadjir menyampaikan permintaan maaf mendalam atas kesalahan materi yang ada pada buku tersebut.

Ia memastikan, setelah nanti rampung merevisi, pihaknya akan menelusuri bagaimana kesalahan pada buku tersebut bisa terjadi.

“Kemendikbud menelusuri bagaimana dulu ceritanya kok bisa terjadi kesalahan yang agak fatal ini,” ucap Muhadjir.

“Termasuk bagaimana prosesnya, kemudian siapa yang paling bertanggung jawab. Kita akan lihat kesalahannya di mana dan termasuk ada kesengajaan atau tidak,” ujar dia.

Muhadjir sekaligus berkomitmen akan membenahi penerbitan buku sekolah elektronik. Mulai dari tim penyunting hingga tim penilai agar lebih teliti lagi dalam membuat naskah.

Buku sekolah elektronik digunakan dalam rangka memberikan akses lebih luas kepada masyarakat untuk mendapatkan buku murah.(Red)

Baca Juga

Kapolri Instruksikan Jajaran Kepolisian Amankan Tempat Ibadah

SiantarNews|Jakarta, – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, kepolisian akan melakukan upaya pencegahan pasca-penyerangan terhadap ...