News Update
Siantar News / Headline / Bila Terbukti Money Politik, Bawaslu Bisa Batalkan Pilkada Siantar

Bila Terbukti Money Politik, Bawaslu Bisa Batalkan Pilkada Siantar

 ​

Ketua Bawaslu Sumut Safrida Rasahan

SiantarNews | Siantar,- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara (Bawaslu Sumut), Safrida Rasahan, Rabu (16/11/2016), mengatakan, Bawaslu bisa membatalkan Pilkada Siantar yang telah digelar, bila terbukti, terjadi money politik.
 
Hanya saja, Safrida mengingatkan, money politik yang dibuktikan itu, bila terjadi secara masif, sistematis dan terstruktur. Lalu, pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota, mengajukan keberatan atau sengketa ajudikasi ke Bawaslu Sumut.
 
Sehingga nantinya, Bawaslu Sumut memproses sengketa ajudikasi itu, yang disusul kemudian menetapkan keputusan. Yang isinya, bisa menolak, dan bisa pula menerima permohonan dari calon yang mengajukan sengketa ajudikasi.
 
Jika ada pihak (pasangan calon) yang tidak menerima putusan Bawaslu Sumut, maka pihak tersebut bisa mengajukan banding ke Bawaslu Republik Indonesia (Bawaslu RI) di Jakarta. “Kalau banding ke Bawaslu RI,” ucap Safrida Rasahan.
 
Dijelaskan Safrida, money politik terjadi secara masif, bila hal itu terjadi lebih dari setengah kecamatan. Dimana, Bawaslu nantinya melihat sebaran jumlah pemilihnya di TPS yang terjadi money politik di satu kecamatan. 
 
Ia menganalogikan, di salah satu TPS memiliki DPT (Daftar Pemilih Tetap) sebanyak 100 pemilih. Lalu, di TPS itu terbukti terjadi money politik, yang besarannya, harus lebih dari 50 pemilih yang menerima money politik. “Misal, disalah satu TPS, DPT-nya 100, yang (terima) money politik 50 orang lebih,” ujarnya.
 
Sementara, yang dimaksud terstruktur dikatakan Safrida adalah,  praktik dilakukan dengan melibatkan aparatur pemerintahan atau penyelenggara pemilihan. Sedangkan sistematis, dilakukan dari tingkatan hulu (paling atas) hingga ketingkatan hilir (paling bawah). 
 
 
 
 
Editor : MGP

Baca Juga

Meski Diguyur Hujan, Pelantikan DPC dan DPAC Partai Demokrat Siantar Simalungun Tetap Semangat

SiantarNews|Siantar,-Partai Demokrat laksanakan pelantikan terhadap pengurus DPC dan DPAC di Siantar tepatnya di lapangan Adam ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!