Siantar News / Internasional / Pesawat kargo militer Rusia jatuh di Suriah, 39 orang dikabarkan tewas
Antonov series
Antonov series (Foto: Merdeka)

Pesawat kargo militer Rusia jatuh di Suriah, 39 orang dikabarkan tewas

SiantarNews|Suria,-Sebuah pesawat kargo militer Rusia jatuh saat hendak mendarat di sebuah pangkalan udara di Suriah, Selasa (6/3/2018). Peristiwa ini menewaskan 39 orang penumpang dalam pesawat tersebut.

Militer Rusia mengatakan pesawat kargo Antonov An-26 membawa 33 penumpang dan enam awak kapal, jatuh hanya 500 meter dari landasan pacu. Militer menyalahkan kecelakaan tersebut atas kesalahan teknis dan bersikeras bahwa pesawat tersebut tidak ditembak jatuh.

“Semua orang yang berada di pesawat adalah tentara Rusia,” kata Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dilansir dari laman Associated Press, Rabu (7/3/2018).

Loading...

Rusia adalah sekutu penting Presiden Suriah Bashar Assad. Mereka menyewa pangkalan militer Hemeimeem di Suriah, dekat pantai Mediterania. Walau markasnya jauh dari garis depan konflik, namun pada Desember lalu pernah terjadi baku tembak di sana. Militer Rusia menegaskan bahwa tidak ada ancaman, namun tetap akan melakukan penyelidikan penuh.

Presiden Vladimir Putin menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban tewas dalam kecelakaan tersebut.

Kantor berita Interfax mengutip juru bicara Komite Investigasi Rusia, yang menangani kasus-kasus profil tinggi mengatakan, bahwa penyidik Rusia telah dikirim ke Suriah untuk melihat kecelakaan tersebut.

Itu adalah pesawat militer kedua Rusia yang mengalami kecelakaan di Suriah tahun ini, setelah sebuah jet tempur Su-25 ditembak rudal pertahanan udara portabel di atas Provinsi Idlib utara bulan lalu.

Antonov An-26 adalah pesawat pengangkut bermesin ganda yang dirancang pada akhir 1960-an di Uni Soviet. Pesawat ini sebagian besar masih beroperasi di Rusia dan beberapa negara lain.

Sumber : Merdeka

Klik Disini Untuk Mendaftar

Baca Juga

Terlalu Banyak PR, Bocah Ini Nekat Terjun dari Lantai 15

SiantarNews|Peristiwa,-Apa terjadi kepada bocah perempuan berusia 12 tahun ini bikin geleng-geleng kepala. Betapa tidak, dia ...