Siantar News / Headline / Hentikan Bantuan, AS Akan Hemat Ratusan Juta Dolar dan Bahkan Miliaran Dolar
Ilustrasi Bantuan Amerika USAID

Hentikan Bantuan, AS Akan Hemat Ratusan Juta Dolar dan Bahkan Miliaran Dolar

SiantarNews|Washinton,-Ancaman Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang akan menghentikan bantuan keuangan kepada negara-negara yang menentang kebijakan mereka dan diakui Trump bahwa sikap ini juga akan menghemat banyak keuangan AS.

“Mereka menerima ratusan juta dolar dan bahkan miliaran dolar, lalu mereka bersuara menentang kita. Oke, kita lihat suara mereka. Biarkan mereka bersuara melawan kita. Kita akan menghemat banyak. Kita tak peduli,” kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih seperti dikutip Reuters Rabu (20/12/2017) waktu AS.

Berdasarkan data badan bantuan pemerintah Amerika USAID, pada 2016 AS telah menggelontorkan bantuan senilai 13 miliar dolar dalam bentuk bantuan keuangan dan militer kepada negara-negara sub-Sahara Afrika dan 1,6 miliar dolar AS kepada negara-negara di Asia Timur dan Oseania.

AS juga memberi sekitar 13 miliar dolar kepada negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara, 6,7 miliar dolar AS kepada negara-negara Asia Selatan dan Tengah, 1,5 miliar dolar AS kepada negara-negara di Eropa dan Eurasia, serta 2,2 miliar dolar AS kepada negara-negara Belahan Barat.

Sebelumnya, Duta Besar AS di PBB Nikki Haley, lewat surat kepada beberapa anggota PBB yang juga didapat Reuters, memperingatkan bahwa Trump telah meminta dia untuk “melaporkan balik negara-negara yang bersuara menentang kita.”

Haley terang-terangan mengancam lewat posting Twitter bahwa “AS akan mencatat nama-nama (negara yang mendukung rancangan resolusi itu)”.

“Saya suka pesan yang disampaikan Nikki kemarin di PBB, kepada semua negara yang mendapatkan uang kami tetapi kemudian menentang kami di Dewan Keamanan atau berencana bersuara melawan kami di Majelis Umum,” kata Trump.(Red)

Baca Juga

Megawati saksikan ikrar pemenangan Djarot-Sihar

SiantarNews|Medan,-Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyaksikan ikrar kader dan organisasi sayap di ...