Siantar News / Headline / Bila Tak Ingin Dipecat, Tentara Jangan Lakukan Ini
Salah seorang prajurit TNI sedang dikawal dua personel Polisi Militer saat akan menjalani pemecatan secara resmi. (Foto ist)

Bila Tak Ingin Dipecat, Tentara Jangan Lakukan Ini

SiantarNews|Medan-Sebanyak 47 prajurit TNI Kodam I Bukit Barisan resmi dipecat lantaran terbukti melarikan diri dari kesatuan (disersi) dan terlibat penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Hal tersebut diumumkan pada saat upacara pemecatan terhadap seorang prajurit TNI di Lapangan Benteng, Jalan Kejaksaan, Senin (7/11/2016).

Adapun ke-47 prajurit TNI yang dipecat terdiri dari Perwira Menengah (Pamen), Perwira Pertama (Pama), Bintara dan Tamtama. Jumlah tersebut terdiri dari 11 prajurit TNI yang terbukti melakukan tindak penyalahgunaan narkoba dan 36 prajurit yang disersi.

Pangdam I Bukit Barisan Mayjend TNI L Pusung yang diwakilkan Kasdam I Bukit Barisan Brigjend TNI Tiopan Aritonang, mengatakan pemecatan secara tidak hormat yang dilakukan sebagai bentuk keseriusan TNI khususnya Kodam I Bukit Barisan memberikan tindakan tegas terhadap personel yang melanggar hukum. Sekaligus bentuk penegakan hukum bagi setiap personel yang terbukti melakukan kesalahan dan kode etik sebagai prajurit.

“Dari yang kita bacakan pada kolom tertentu 6 atau 7 tadi sudah disebutkan kesalahan mereka. Dari 47 orang kami pastikan 36 prajurit melakukan tindak pidana disersi karena meninggalkan kesatuan tanpa izin dan 11 lainnya terlibat masalah narkoba,” katanya kepada wartawan.

Tiopan menuturkan, selain melakukan pemecatan, dikesempatan yang sama ia juga memberikan penghargaan berupa kenaikan pangkat kepada prajurit yang berhasil menangkap para bandar narkoba di Pekan Baru.

“Dalam pemecatan itu terdapat tiga perwira, yakin seorang Perwira Menengah terlibat kasus narkoba dan dua perwira pertama (Pama) terbukti melarikan diri dari kesatuan tanpa izin,” tuturnya sembari menyebutkan para prajurit yang terbukti menggunakan narkoba karena ikut-ikutan saja.

“Sebenarnya mereka hanya ikut-ikutan saja, tidak mengerti akhirnya terperangkap menjadi pengguna narkoba,” ujar Tiopan didamping para pejabat jajaran Kodam I Bukit Barisan lainnya.

Untuk itu, ia mengimbau, kepada prajurit TNI Angkatan Darat khususnya dari Kodam I Bukit Barisan untuk tidak terlibat dalam kegiatan penyalahgunaan maupun peredaran narkoba.

“Dari amanat Pangdam I Bukit Barisan kepada komandan kesatuan untuk bertanggungjawab, mengawasi, mengamankan anggota agar tidak terperangkap narkoba. Kita juga mengingatkan kepada para prajurit untuk tidak coba-coba terlibat dalam jaringan mafia narkoba,” pungkas Tiopan.  (snw-krmts)

 

 

Baca Juga

Ngunduh Mantu Bobby- Kahiyang Ayu, 10 Kerbau akan Dipotong

SiantarNewslMedan,-Putri Presiden Joko Widodo,  Kahiyang Ayu dan suaminya, Bobby Afif Nasution akan menjalani prosesi tepung tawar ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!