Siantar News / Gaya Hidup / Wisata / Bukan Danau Toba, Inilah Danau Terdalam se-Asia dan Bahkan Urutan Delapan Dunia Menurut WWF
Danau Motano (Foto :wikipedia.or)

Bukan Danau Toba, Inilah Danau Terdalam se-Asia dan Bahkan Urutan Delapan Dunia Menurut WWF

SiantarNews|Wisata,- Tak hanya Danau Toba di Sumatera Utara, Indonesia punya lagi salah satu danau terdalam di Asia Tenggara. Inilah Danau Matano yang ada di Sulsel.

Senja di Danau Matano
Senja di Danau Matano (Foto : wikipedia.org)

Sulawesi Selatan tidak hanya memiliki pantai-pantai nan cantik mempesona akan tetapi juga memiliki danau yang tak kalah cantiknya, Danau Matano namanya.

Memiliki Kedalamannya sekitar 590 meter (1.969 kaki), Permukaan air danau berada pada ketinggian 382 meter di atas permukaan laut sehingga kedalaman air danau dari permukaan laut adalah 208 meter.

Danau Matano adalah sebuah danau tektonik dengan ukuran panjang 28 kilometer dan lebar 8 kilometer di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di ujung timur provinsi Sulawesi Selatan, berbatasan dengan Sulawesi Tengah.

Danau ini berada sekitar 50 km dari kota Malili (Ibukota Kabupaten Luwu Timur.

Menurut data WWF, danau ini adalah danau terdalam di Asia Tenggara serta Danau terdalam kedelapan di dunia sedangkan kedalaman Danau Toba hingga 505 meter (1.666 kaki).

Taman Wisata Alam

Kawasan Danau Matano, Mahalona dan Towuti dijadikan sebagai kawasan konservasi Taman Wisata Alam dengan nama Taman Wisata Alam Danau Matano, Taman Wisata Alam Danau Mahalona, dan Taman Wisata Alam Danau Towuti Dengan status taman wisata alam maka Danau Matano adalah kawasan pelestarian alam yang terutama dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 274/Kpts/Um/4/1979 tanggal 24 April 1979.

Global Ecoregions

Memiliki Keunikan danau, ekosistem dan keragaman hayati yang sangat endemis membuat Danau Matano dimasukkan dalam kategori Global Ecoregions oleh World Wide Fund for Nature.(Red)

Baca Juga

Mantap ! Menteri ESDM Resmikan Geopark Nasional Kaldera Danau Toba

SiantarNews|Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan meresmikan Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Danau ...