News Update
Siantar News / Gaya Hidup / Seni dan Budaya / Terancam Punah, Babi Terjelek di Dunia Tertangkap Kamera di Hutan Jawa

Terancam Punah, Babi Terjelek di Dunia Tertangkap Kamera di Hutan Jawa

SiantarNews|Sains,-Ilmuwan telah menangkap rekaman pertama di alam liar dari salah satu babi paling langka dan paling jelek di dunia.

Babi warty Jawa berada di bawah ancaman pemburuan dan kehilangan habitat yang oleh para konservasionis yang mengamati habitatnya karena diyakini telah mengalami kepunahan.

Perangkap kamera sekarang telah mengungkapkan bahwa populasi kecil bertahan di hutan Jawa yang semakin terfragmentasi.

Tim tersebut mengatakan bahwa tujuannya sekarang adalah untuk melindungi habitat hewan langka tersebut.

Survei tersebut dipimpin oleh Dr Johanna Rode-Margono dari Kebun Binatang Chester, yang mengatakan bahwa dia dan rekan-rekannya “senang” melihat bahwa babi-babi itu masih ada di sana.
Studi terakhir tentang kawasan hutan dataran rendah ini kembali pada tahun 2004 dan mengungkapkan “penurunan serius” pada populasi spesies ini.

“Kami khawatir semua atau sebagian akan hilang,” katanya seperti dilansir BBC News.

Konflik Manusia dan Babi

Sementara binatang berwajah berbulu dan berwajah kelinci ini mungkin bukan penduduk paling fotogenik di Jawa, Dr Rode-Margono mengatakan bahwa mereka memenuhi peran penting dalam ekologi hutan – mengolah tanah dan menyebarkan benih saat mereka mencari makan.

Dan di Jawa, pulau yang paling padat di Indonesia, mereka juga merupakan simbol dari tekanan manusia yang terus berlanjut di hutan tropis negara tersebut.

Babi kehilangan habitat akibat deforestasi untuk pembangunan pertanian dan perkotaan, namun juga menimbulkan konflik langsung dengan manusia. Hewan dianggap hama dan sering diburu karena mereka menyerang tanaman.

“Berburu untuk olahraga juga menjadi masalah,” kata Dr Rode-Margono, “dan spesiesnya mungkin mengalami hibridisasi dengan babi hutan Eropa.” Itu bisa mengakibatkan spesies yang dibiakkan ke dalam kepunahan.

Klik Disini Untuk Mendaftar

Baca Juga

‘Super Blue Blood Moon’ besok disebut BMKG berdurasi terlama sepanjang abad ini

SiantarNews|Sains,-Sumatera Barat termasuk wilayah yang dapat menikmati fenomena gerhana bulan total (super blue blood moon), ...