Siantar News / Gaya Hidup / Ribuan Masyarakat Batak Kaltim Dari 6 Puak Meriahkan Batakaltim Fiesta 2017, Ini Videonya
Batakaltim Fiesta 2017

Ribuan Masyarakat Batak Kaltim Dari 6 Puak Meriahkan Batakaltim Fiesta 2017, Ini Videonya

SiantarNews|Budaya,- Komunitas Masyarakat Batak Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Batakaltim Fiesta 2017. Gelaran ini berlangsung di Convention Hall GOR Sempaja, Samarinda, Sabtu 18 November 2017.

Ribuan warga masyarakat Batak se-Kaltim ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Jackson Tampubolon, selaku ketua panitia mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi perkumpulan Batak dari 10 Kabupaten/Kota, di antaranya Samarinda, Balikpapan, Paser, hingga Berau.

Pagelaran Budaya tersebut menampilkan beberapa tarian, dirangkai dengan pagelaran kuliner dari 6 puak (subsuku) Batak yakni puak Karo, Simalungan, Toba, Mandailing, Pakpak dan Angkola.

Nety Samosir selaku koordinator Kuliner Batak dalam acara ini menjelaskan jika pihaknya menyajikan sejumlah kuliner khas Batak. Tujuannya agar kuliner ini dapat dikenalkan kepada warga Kaltim serta mengobati rindu warga Batak yang ada di Kaltim akan citarasa kuliner asli Batak.

“Ini kami sajikan untuk memperkenalkan kuliner khas Batak kepada masyarakat Kaltim. Tujuan lainnya mengobati rindu para warga Batak di Kaltim,” ujar Neti.

Dalam pagelaran kuliner, salah satunya ditampilkan Puak Papak dengan makanan khas Peleng Cina Mbara. Ketua Batak Puak Pakpak Samarinda, Maringan Brutu menjelaskan makanan ini disajikan pada acara khusus, seperti memberangkatkan anak merantau, ujian atau membuka ladang baru.

Di samping Peleng Cina Mbara, ada pula makanan khas Simalungan berupa Dayok, Na Binatur serta Hinasumba. Lainnya, ada Cepera dan Pasak Telu dari puak Karo. Kegiatan berlanjut hingga malam hari dengan menghadirkan jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Kepala Dinas Pariwisata Samarinda, Muhammad Faisal mengatakan kegiatan ini menjadi salah satu potensi wisata Samarinda yang heterogen. Keberadaan suku Batak di Samarinda menjadi warna tersendiri bagi khazanah pariwisata Kaltim. Tahun depan, Faisal berencana memasukkan pagelaran dan kuliner Batak dalam Festifal Mahakam.

“Semakin banyak subsuku di Samarinda yang menggelar ini menjadi potensi wisata bagi kami. Ini informasi budaya, kita baru tahu ternyata budaya Batak memiliki enam makanan khas,” ujar Faisal.

Batakaltim Fiesta 2017 bukan hanya menyajikan kuliner khas Tanah Karo. Dalam acara yang berlangsung Sabtu 18 November 2017 di Convention Hall, GOR Sempaja Samarinda ini, juga ditampilkan sejumlah tarian adat Batak.

Kegiatan ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi perkumpulan Batak dari 10 Kabupaten/Kota, di antaranya Samarinda, Balikpapan, Paser, hingga Berau.

Pagelaran Budaya tersebut menampilkan beberapa tarian, dirangkai dengan pagelaran kuliner dari 6 puak (subsuku) Batak yakni puak Karo, Simalungan, Toba, Mandailing, Pakpak dan Angkola.

Ribuan warga masyarakat Batak se-Kaltim ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Berikut Videonya :

(KlikSamarinda)

Baca Juga

Bandara Silangit Alami Peningkatan Penumpang, Wisata Danau Toba Makin Meningkat

SiantarNews|Wisata,-  Pariwisata Danau Toba semakin bergairah. Ini terlihat dengan meingkatnya aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Silangit. ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!