News Update
Siantar News / Gaya Hidup / Mengapa Sering Lupa Mimpi Semalam? Ini Penjelasannya
Ilustrasi

Mengapa Sering Lupa Mimpi Semalam? Ini Penjelasannya

Siantarnews,-Sering melupakan mimpi semalam? Bahkan ketika bermimpi tentang hal-hal yang membuat Anda gembira pun biasanya hanya teringat secuplik saja tanpa keseluruhan cerita? Tenang, ini terjadi pada banyak orang dan punya penjelasan medisnya.

Mimpi merupakan peristiwa yang biasa dialami seseorang ketika masuk dalam periode Rapid Eye Movement (REM). Menurut penjelasan Ernest Hartmann, profesor psikiatri di Tufts University School of Medicine ketika mimpi sedang berlangsung, produksi hormon norepinephrine pun terhenti.

Hormon norepinephrine merupakan hormon yang berperan pada korteks cerebral yakni bagian otak yang berperan dalam mengelola memori, pikiran, bahasa dan kesadaran seseorang, dikutip Scientific American, Selasa (10/10/2017).

Selain itu, mimpi juga kerap menggambarkan keadaan yang sangat imajinatif dan cenderung sulit untuk diingat kecuali jika momen tersebut cukup berkesan bagi Anda. Pada dasarnya, manusia memang tercipta sebagai mahluk yang mudah melupakan hal-hal yang kurang esensial. Kita cenderung hanya mengingat hal-hal yang sering kita pikirkan atau memiliki makna emosional misalnya sebuah masalah, kencan, atau pertemuan.

Nah, hal-hal penting atau menarik dalam mimpi akan berdampak pada aktifnya korteks prefrontal dorsolateral (DLPFC) yang berperan dalam menyimpan memori. Sedangkan yang kurang berkesan akan mudah terlupakan begitu saja saat kita terbangun. Itulah sebabnya kita sering kali bangun tanpa bisa mengingat mimpi semalam.(dtc)

Baca Juga

Mengapa Cedera Seperti yang Dialami Choirul Huda Bisa Fatal?

Siantarnews|Bola,-Kiper Persela Lamongan, Choirul Huda, meninggal dunia di tengah pertandingan dengan Semen Padang. Ketika itu ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!