Siantar News / Gaya Hidup / Manfaatkan Liburan Natal-Tahun Baru Dengan Kapal Rumah Batak
Kapal wisata rumah batak milik Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir diuji berlayar di Danau Toba, di sekitaran Pantai Tuk-tuk Siadong.

Manfaatkan Liburan Natal-Tahun Baru Dengan Kapal Rumah Batak

SiantarNews|Samosir,- Kabar gembira datang dari Danau Toba. Mulai hari ini wisatawan bisa mengarungi danau dan menikmati pemandangan dengan kapal “pesiar” wisata skala kecil yang berbentuk rumah Batak.

Launching serta pemberkatan dilakukan oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Kepala Dinas Pariwisata Samosir Ombang Siboro di Hotel Silintong, Tuk-tuk Siadong, Sumatra Utara. Peluncuran kapal juga dihadiri Lurah Tuk-tuk Elly Sitanggang, Camat Simanindo Dapot Simbolon, pelaku usaha, organisasi pelaku wisata, Sekretaris DPRD Samosir Agus Sinaga, Anggota DPRD Samosir Sarhockel Tamba, dan beberapa pimpinan SKPD.

“Pembuatan kapal ini, perintah saya kepada kepala Dinas Pariwisata. Semuanya mengadopsi kearifan lokal. Bagi yang berlibur ke Samosir pada akhir tahun, kami sudah dapat memanjakannya dengan pelayanan dan kemewahan kapal ini,” sebut Rapidin Simbolon dalam sambutannya, Jumat (29/12).

Loading...

Selesai pemberkatan (rumah tondi), kapal langsung berlayar di Danau Toba, bersama Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Wakil Bupati Juang Sinaga, Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat, dan beberapa rombongan.

Terbuat dari 3 jenis kayu, yakni ingul, meranti dan jior, kapal wisata dibangun berukuran panjang 21,5 meter, lebar 7,5 meter, dan tinggi 9 meter. Ruang penumpang berkapasitas 60 orang. Berukuran panjang 10 meter dan lebar 5 meter.

“Kapal yang dikerjakan CV. Sumber Rejeki ini, sudah diuji coba berlayar beberapa kali di sekitaran pantai Tomok. Semuanya berjalan lancar. Kapal ini menggunakan Marine diesel 100 PK (Paarden Kracht)/tenaga kuda,” papar Bupati Rapidin.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Ombang Siboro menambahkan, kapal wisata ini memiliki 2 dek utama. Toiletnya pun ramah lingkungan. Sudah dilengkapi Global Positioning System (GPS) dan radio.

“Kapal ini juga punya fasilitas ruang rapat dilengkapi sound system dan slide untuk kebutuhan rapat bila diperlukan,” kata Ombang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pihaknya akan menggalakkan dan memberdayakan masyarakat lokal di Danau Toba untuk mendukung transportasi, termasuk kapal wisata di Danau Toba. Semuanya akan kolaborasi antara Kementerian Perhubungan dan Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT).

“Beberapa kolaborasi program yang akan dilakukan, yaitu pelatihan rescue dan pelatihan pengembangan hospitality masyarakat khususnya bagi pemilik kapal,” sebut Menpar Arief Yahya.

Menurutnya, tanpa ada kerja sama yang kuat tidak akan berhasil. Kapal wisata gaya Batak ini merupakan inisiasi daerah yang merupakan kearifan lokal yang dapat dijadikan daya tarik wisata.

“Pokoknya mantap. Anda harus mencobanya nanti. Kapan lagi bisa berkeliling Danau Toba dengan kapal unik? Jangan sampai Anda nyesel,” pungkas Menpar Arief Yahya.(Rey|IdP)

Klik Disini Untuk Mendaftar

Baca Juga

Hari Ini Anggun C Sasmi Menikah Lagi di Bali

SiantarNews|Penyanyi Anggun C Sasmi dikabarkan akan menikah di Ubud, Bali pada Kamis (16/8) hari ini. ...