News Update
Siantar News / Gaya Hidup / Makan Sebelum Berolahraga, Penting atau tidak?
Ilustrasi

Makan Sebelum Berolahraga, Penting atau tidak?

SiantarNews,-Kebanyakan orang berolahraga untuk membuat tubuh mereka jadi fit dan sehat. Ada pula orang yang berolahraga untuk membuat ukuran tubuh mereka menjadi lebih proporsional. Biasanya mereka yang berolahraga dengan tujuan ingin jadi lebih langsing akan bingung dengan pertanyaan, haruskah mereka makan sebelum olahraga?

Banyak pendapat umum yang berbicara bahwa makan sebelum olahraga akan membuat perut jadi sakit sebab perut dipaksa untuk bergerak ketika masih mencerna makanan. Selain itu, makan sebelum olahraga juga dipandang alan membuat program penurunan berat badan jadi tak maksimal.

Sebenarnya, pentingkah untuk makan sebelum olahraga?

Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Physiology-Endocrinology and Metabolism berusaha menjawab pertanyaan tersebut. Penelitian ini melibatkan 10 pria dengan berat badan berlebih yang kemudian ditugaskan untuk berjalan kaki selama 60 menit dengan perut kosong. Di kemudian hari, mereka diharuskan untuk berjalan kaki lagi namun sebelumnya diberikan menu sarapan berkarbohidrat tinggi 2 jam sebelum olahraga.

Kemudian para pria ini diambil sampel darah dan jaringan adiposa atau jaringan lemak. Setelah diperiksa para peneliti menemukan bahwa jaringan adiposa tidak terpengaruh apapun dengan gerakanmu saat olahraga. Dengan kata lain, jaringan lemak ini akan tetap bertambah banyak setelah kamu makan walaupun setelahnya kamu berolahraga. Sehingga bisa disimpulkan bahwa sebaiknya kamu berolahraga dengan perut yang kosong demi memaksimalkan pembakaran lemak dalam tubuh.

“Penelitian sebelumnya pun menemukan bahwa olahraga dengan perut yang kosong bisa membakar lemak 20% lebih banyak dari biasanya,” tegas penelitian ini.(mrdk)

Baca Juga

Suka Hidup Single, 5 Zodiak Ini Jadi yang Paling Terakhir Menikah!

SiantarNewslHiburan,-Setiap orang tak ada yang tahu dan tak bisa menebak kapan akan bertemu dengan jodohnya ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!